kwvwCjc9JlPxMerN0XtrFqINgoPtZhLVJN2mDQFb
© suguhanku. All rights reserved. Developed by Jago Desain

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back

Labels

Bookmark

Cara Membuat Kottbullar (Bakso Goreng Berkuah Swedia)

cara membuat kottbullar

Cara Membuat Kottbullar: Stockholm sebagai ibukota Swedia merupakan tempat bertemunya kemegahan masa lalu dengan gaya hidup orang Swedia yang modern.

Hasilnya, peradaban manusia mulai dari teknologi, musik, film,  desain, game dan budaya makanan berkembang pesat dan membuat Stockholm semakin ‘besar’.

Kemegahan The Royal Palace yang menjadi tempat para penguasa monarki bertempat tinggal menjadi bukti, bahwa peradaban Swedia masih eksis hingga saat ini.

Selain itu, kota Stockholm juga mampu menarik turis mancanegara untuk berlama-lama ‘healing’ di sekitaran kota dengan berjalan kaki demi menikmati keindahannya.

Namun, tahukah anda bahwa Swedia juga terdapat makanan khas yang terkenal di dunia? Yap, Kottbullar rasanya tidak asing di telinga kita.

Karena saking terkenalnya, banyak turis yang bertanya-tanya bagaimana cara membuat kottbullar dengan resep original.

Karena itu, berikut kami suguhkan informasi mengenai, kottbullar adalah, seperti apa bakso Swedia ini, kottbullar berasal dari mana dan cara membuat kottbullar. Selamat membaca!

Kottbullar Adalah

Kottbullar dalam bahasa Swedia berasal dari kata kött (daging) dan bullar (jama dari bulle artinya roti kecil bulat) adalah daging giling yang dibentuk bulat-bulat yang menjadi makanan sehari-hari orang Swedia. (Wikipedia)

Adapun menurut sumber lain (dw.com) menyebutkan bahwa kata “kottbullar” berasal dari bahasa Turki. Hal ini diperkuat oleh pengakuan @sweden (situs resmi Swedia) yang mengakui hal tersebut di twitter.

Untuk penjelasan oleh @sweden tersebut, anda dapat membacanya pada sub judul “Kottbullar berasal dari mana” di bawah.

cara membuat kottbullar

Seperti Apa Bakso Swedia Ini?

Bakso Kottbullar adalah bakso yang gurih dan renyah berwarna coklat, tekstur yang ringan dan bagian dalamnya terasa lembut.

Kottbullar dihidangkan dengan potatismos (kentang tumbuk/mashed potatoes) atau pasta, saus krim dan rårörda lingon (selai buah cranberry - selai yang memiliki rasa asam dan sedikit manis).

Bagi orang Swedia, resep hidangan ini sangat beragam. Ada yang menggunakan daging atau sosis, ada yang menggunakan kentang atau menggantinya dengan pasta, dan lainnya. (swedishfood.com)

Cara membuat kottbullar juga beragam, yaitu dengan cara menggoreng daging cincang, ada pula yang lebih suka dengan cara memanggang daging cincang.

Mengenai bawang, beberapa orang Swedia merasa harus ada bawang parut yang dicampurkan pada bakso, ada juga yang lebih suka memotong dan menggoreng secara terpisah.

Secara geografis, orang Swedia Selatan lebih menyukai daging sapi yang dicampur dengan sedikit ekstra lemak yang berasal dari daging babi agar lemak lebih terasa. (tasteatlas.com).

Berbeda dengan orang Swedia Utara yang menggunakan daging babi lebih sedikit untuk campuran daging dalam proses pembuatan bakso.

Semakin Terkenal Ketika IKEA Menjualnya

Kottbullar beberapa tahun terakhir menjadi makanan yang terkenal, karena perusahaan penjual furniture IKEA menjual bakso kottbullar di gerai-gerainya di seluruh dunia.

Pada 1985, gerai IKEA menjual bakso ini dengan alasan karena pendiri IKEA Ingvar Kamprad takut kehilangan pelanggan ketika sedang berbelanja gara-gara kelaparan.

Pengunjung yang kelaparan bukan karena tidak ada restoran. Di dalam IKEA sendiri telah ada restoran, namun pemilik merasa restoran tersebut berantakan. Karena itu, pemilik ingin merombak restoran tersebut.

Saat itu, IKEA ingin mengurangi jumlah menu yang ditawarkan demi memangkas ongkos produksi. Namun, IKEA juga menginginkan makanan yang friendly untuk seluruh belahan dunia.

Hal ini menjadi perbincangan serius, mengingat bahwa IKEA harus memangkas jumlah menu makan, di sisi lain selera setiap orang di dunia berbeda-beda.

Soren Hullberg selaku orang yang dipercaya untuk membenahi restoran tersebut berpikir keras untuk memilih makanan yang akan disuguhkan.

Karena, Soren Hullberg juga harus menemukan makanan yang friendly walaupun selera orang di dunia berbeda-beda.

Akhirnya, ia menemukan makanan yang friendly untuk lidah banyak orang walaupun awalnya pilihannya diragukan. Yaitu dengan memilih bakso kottbullar.

Alasan dia memilih bakso ini adalah walaupun bakso bukanlah inovasi bangsa Swedia, namun bakso dikenal di berbagai belahan dunia.

Selain itu, bakso juga praktis yang bisa dikirim dalam keadaan beku ke seluruh dunia. Kemudian, setelah 40 tahun keputusannya menjawab keraguan banyak orang.

Lalu, perlu diperhatikan bahwa cara membuat kottbullar yang Soren Hullberg lakukan tentu dibantu dengan bantuan alat canggih dan besar, karena memerlukan banyak bakso untuk dikirim di seluruh dunia.

Karena itu, resep atau cara membuat kottbullar di bawah merupakan handmade yang pasti anda dapat lakukan sendiri tanpa bantuan robot.

Kottbullar Berasal Dari Mana?

Setelah anda mengetahui apa itu bakso kottbullar dan bagaimana bakso tersebut terkenal, pasti anda bertanya-tanya “kottbullar berasal dari mana?”

Berikut informasi mengenai kottbullar berasal dari mana yang terdiri dari dua sejarah dasar.

Awal Mula Kepulangan Raja Charles XII

Berbagai sumber mengatakan bahwa resep Kottbullar berasal dari Turki, yang mana cara membuat kottbullar dari Turki tersebut dibawa oleh Raja Charles XII pada awal abad 18-an.

Saat itu, dia baru saja dibawa pulang dari Kekaisaran Ottoman setelah tinggal lama di sana. (bbc.com berdasarkan pengakuan @sweden di twitter)

Raja Charles sendiri menjadi raja dari tahun 1697-1718, dan dikatakan pernah tinggal di Bender (suatu Kota di Moldova) yang menjadi bagian dari Kekaisaran Ottoman Lama, setelah dia kalah bertempur dengan Rusia.

Menurut Peneliti dari Departemen Sastra Universitas Uppsala, Annie Mattson mengatakan bahwa kepulangannya itulah Raja Charles bukan membawa hanya resep Kottbullar, namun juga membawa biji kopi dan kubis isi.

cara membuat kottbullar

Awal Mula Resep & Cara Membuat Kottbullar

Resep kottbullar pertama kali terdapat pada (Cajsa Wargs kokbok), buku masak Swedia yang dominan selama beberapa generasi setelah penerbitan edisi pertama ini pada tahun 1755. (swedishfood.com)

Hidangan ini terbuat dari daging sapi yang dikombinasikan dengan daging babi, kemudian dibumbui dengan bawang, garam, merica dan allspice.

Adapun untuk saat ini, apakah masih ada metode autentik mengenai cara membuat kottbullar? Jawabannya adalah tidak ada.

Karena, orang-orang Swedia sendiri ketika ditanya mengenai cara membuat kottbullar yang autentik, mereka akan menjawab bahwa untuk memasaknya sesuai selera masing-masing.

Namun demikian, mereka membuat hidangan ini dengan bahan-bahan dasar yang hampir semuanya sama, walaupun bahan-bahan dasar tersebut variatif.

Jika anda tertarik membuatnya, berikut cara membuat kottbullar (dengan resep seautentik mungkin) yang didasarkan pada website resmi swedishfood.com.

cara membuat kottbullar
Cajsa Wargs kokbok. Pic: Wikipedia.

Cara Membuat Kottbullar

berikut informasi mengenai Tips Sebelum Mengetahui Cara Membuat Kottbullar, Resep Kottbullar dan Cara Membuat Kottbullar.

Tips Sebelum Mengetahui Cara Membuat Kottbullar

Ada beberapa tips sebelum akhirnya anda melangkah ke dalam cara membuat kottbullar. Tips ini didasarkan pada website resmi swedishfood.com. Berikut tips-tipsnya:

Pertama, pada dasarnya, orang Swedia memasukkan bumbu pada bakso hanya dengan garam dan lada. Namun, biasanya bumbu lainnya juga ditambahkan, seperti mustard, gula dan allspice.

Jika anda dapat memprediksikan, anda dapat menambahkan berbagai bumbu yang anda suka untuk membumbui masakan anda sehari-hari.

Kedua, dalam adonan bakso, bawang bombay lebih baik diparut daripada dicincang. Hal ini agar bawang bombay lebih menyatu dengan adonan.

Ketiga, jika bumbu adonan bakso telah dibuat, segera bentuk bulat-bulat dengan kedua telapak tangan anda. Hal ini untuk menghindari ‘pecah’ ketika digoreng.

Keempat, Jika anda membuat banyak kottbullar dan menggunakan metode menggoreng yang menggunakan mentega, bagilah dalam beberapa kali penggorengan. Hal ini agar kematangan lebih merata dan tidak gosong sebagian.

Resep kottbullar

Berikut resep kottbullar yang terdiri dari dua bahan dasar, yaitu bahan bakso dan bahan saus krim. Resep ini dapat disajikan untuk 4 orang.

Bahan Bakso

  • 8 ons - daging sapi muda (dicincang)
  • 8 ons  - daging babi (dicincang), anda bisa menggantinya dengan daging sapi (stay halal brother)
  • 4 sdm - remah roti putih
  • 4 sdm - susu atau air
  • 1 btr   - telur
  • 2 sdm - bawang bombay (diparut)
  • Garam dan lada (sesuai selera)
  • Allspice (opsional)
  • 1 sdm - mentega untuk setiap kali menggoreng.

Bahan Saus Krim

  • ½-1 kubus kaldu blok penyedap rasa sapi
  • 2 sdm - tepung terigu
  • 300 ml - air panas
  • 100 ml - susu uht
  • 2-3 sdm krim susu
  • 1 sdt   - kecap

Cara Membuat Kottbullar

Cara membuat kottbullar terdiri dari dua bagian, yaitu memasak bakso kemudian membuat Gräddsås (saus krim).

Membuat Bakso

  1. Siapkan mangkuk besar, masukkan remah roti putih dan susu atau air. Diamkan selama 5 menit agar remah roti putih meresap susu atau air.
  2. Lalu, masukkan juga seluruh bumbu dan bahan bakso lainnya, serta bumbu kesukaan anda (opsional).
  3. Campur seluruh bahan bakso tersebut dengan sendok kayu atau langsung dengan telapak tangan anda.
  4. (Penting) jangan terlalu lama dalam mencampur, karena dapat membuat campuran menjadi kental yang pada akhirnya bakso menjadi berat.
  5. Ambil campuran sebanyak 1 sdm, dan bentuk menjadi bulat. Jika sudah selesai, campuran dapat menghasilkan 30 sampai 40 bakso.
  6. Siapkan frying pan, panaskan mentega dengan api sedang hingga mentega mulai mencair.
  7. Masukkan sebagian bakso dengan mengocok wajan sesering mungkin hingga bakso kecoklatan. Hal ini agar bakso tidak gosong sebagian.
  8. Jika sudah bakso mulai kecoklatan, kecilkan api dan masak hingga 10 menit. Setelah itu angkat bakso.
  9. Ulangi langkah nomor 6,7 dan 8 untuk menggoreng sebagian bakso lainnya hingga bakso dimasak semua.
cara membuat kottbullar
pic: swedishfood.com

Membuat Gräddsås (Saus Krim)

  1. Siapkan frying pan bekas untuk menggoreng bakso, masukkan 300 ml air hingga mendidih. Kemudian, kikis dan angkat potongan bekas daging bakso hingga bersih.
  2. Masukkan kubus kaldu, aduk hingga kaldu larut ke dalam air
  3. Lalu, campur tepung dengan air terlebih dahulu.
  4. Setelah mencampur, tuangkan ke dalam frying pan. aduk terus menerus ketika anda menguangkannya. Didihkan selama 5 menit
  5. Kemudian, masukkan krim susu dan kecap, aduk terus menerus selama beberapa menit.
  6. (Penting) jika anda suka saus krim yang bergelembung, anda dapat menggunakan pengocok adonan.
  7. Kemudian, cicipi dan sesuaikan bumbu jika dirasa ada yang kurang pas.
  8. suguhkan dengan garnish kesukaan anda (opsional).
cara membuat kottbullar
pic: swedishfood.com

Bakso Swedia pun telah siap disuguhkan.

Demikianlah cara membuat kottbullar berdasarkan resep swedishfood.com. Tentu anda tertarik bukan, dengan resep yang sangat khas dengan bumbu masakan Eropa?

Karena itu, segeralah mencobanya di rumah, dan rasakan sensasi dari masakan khas Swedia!

Jika ada pertanyaan yang ingin diajukan, atau saran mengenai resep dan informasi masakan lainnya, anda dapat komentar di bawah atau menghubungi kami secara langsung.

Terima kasih telah membaca!

Setelah anda membaca Cara Membuat Kottbullar (Bakso Goreng Berkuah), kemudian anda menginginkan resep lainnya, anda dapat mengunjungi website suguhanku.

Posting Komentar

Posting Komentar