kwvwCjc9JlPxMerN0XtrFqINgoPtZhLVJN2mDQFb
© suguhanku. All rights reserved. Developed by Jago Desain

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back

Labels

Bookmark

Resep Budae Jjigae Tanpa Gochujang, Sejarah yang Pilu

Resep Budae Jjigae Tanpa Gochujang

Resep Budae Jjigae Tanpa Gochujang: Sejarah Budae Jjigae mengatakan bahwa budae jjigae lahir dari keadaan pilu masyarakat korea.

Terlahir dari induk yang bernama Kimchi yang dimodifikasi menjadi Kimchi Jjigae, yang selanjutnya oleh orang-orang Korea ditransformasi menjadi Budae Jjigae.

Boro-boro bisa membuat atau order resep budae jjigae tanpa gochujang, pada zaman dahulu makanan khas korea yang satu ini berbeda dengan lainnya.

Terkhusus pada sejarah Budae Jjigae mengikat stakeholder dari orang-orang non Korea. Karena, Budae Jjigae lahir saat perang Korea terjadi pada tahun 1950-an.

Berikut pengertian dari budae jjigae, sejarah budae jjigae dan resep budae jjigae tanpa gochujang. Semoga membantu anda, selamat membaca!

Budae Jjigae Adalah

Budae jjigae adalah olahan rebusan makanan Korea yang merupakan turunan dari kimchi. Karena di dalamnya terdapat bumbu dasar kimchi, yang menjadi salah satu resep kuah pedas korea. 

Awalnya, Budae jjigae terbuat dari kimchi yang dicampur menggunakan makanan olahan ala Amerika yaitu sosis, spam, irisan keju dan terutama kacang panggang kalengan.

Secara bahasa, Budae (부대) dalam bahasa Korea adalah istilah umum untuk menyebut pangkalan militer. Sedangkan Jjigae (찌개) berarti sup atau rebusan.

Budae Jjigae berarti rebusan pangkalan tentara. Hal ini searah dengan awal mula budae jjigae yang ditemukan saat terjadinya perang korea (mykoreankitchen.com).

Karena itu, sebelum anda membaca resep budae jjigae tanpa gochujang, ada baiknya anda membaca sejarah budae jjigae terlebih dahulu. Berikut sejarah budae jjigae.

Sejarah Budae Jjigae

Sejarah Budae JJigae 1: Ketika Perang Korea

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa sejarah Budae jjigae tidak indah seperti yang dimakan orang-orang saat ini. Apalagi bisa membuat resep budae jjigae tanpa gochujang.

Menurut Ji Young Kim, en.vo1ss.com memaparkan bahwa dahulu Budae Jjigae merupakan cermin air mata dan kesulitan orang Korea pada perang 6.25.

Diawali setelah Korea mendapat kemerdekaan dari Jepang pada tahun 1945 diiringi gencatan senjata antara Uni Soviet dan AS, yang membagi Korea menjadi 2 bagian.

Setelah 35 tahun diduduki penjajah dan 3 tahun perang saudara, Korea Selatan menjadi salah negara paling miskin dan mencoba bangkit dari kemiskinan.

Dan ketika warga Korea kelaparan, pangkalan militer AS memiliki banyak makanan. Di sana, orang Korea menjadi beruntung karena dapat hidup dari sisa makanan kaleng yang kadaluarsa dari pangkalan militer AS.

Kemudian, mereka mencampur kaleng kadaluarsa Amerika dengan hidangan tradisional Korea (kimchi) yang akhirnya menjadi menu makanan baru yang disebut dengan Budae Jjigae. 

Walaupun waktu itu Budae Jjigae menggunakan daging kadaluarsa sehingga tidak sehat untuk dimakan, nyatanya menu tersebut cukup bergizi untuk mengisi perut orang Korea yang kelaparan.

Resep Budae Jjigae Tanpa Gochujang
Pic: kimchicheese.com
Bertahun-tahun setelah merdeka, pengungsi Korea Utara yang mengungsi ke selatan mendirikan pasar gelap, yang menjual barang-barang AS yang didapatkan secara ilegal dari pangkalan militer AS. (en.vo1ss.com)

Barang-barang tersebut ilegal karena setelah perang, pemerintah Korea segera membuat Undang-Undang Impor yang melarang orang Korea membeli Produk-produk Amerika.

Undang-Undang tersebut salah satunya didasarkan atas apa yang telah diketahui pemerintah, yaitu Budae Jjigae yang semakin hari semakin terkenal bagi masyarakat Korea. Sedangkan bahan bakunya berasal dari Amerika.

Selanjutnya, orang Korea mendapatkan kaleng kadaluarsa yang dibeli dari pasar gelap itu. Dan seperti biasa, mereka membuat makanan yang biasa mereka buat.

Sejarah Budae Jjigae 2: Awal Mula Ditemukan

Walaupun awalnya budae jjigae terbuat dari makanan kaleng bekas yang ditemukan di sampah, di restoran-restoran makanan ini tidak pernah dibuat bekas sampah.

Dilaporkan, budae jjigae ditemukan oleh pemilik restoran di Pasar Jehil di Uijeongbu pada tahun 1960-an oleh pelanggan yang membawa sebuah daging. (kimchicheese.com)

Pelanggan tersebut membawa sosis dan daging kalengan yang dia dapatkan dari pangkalan militer Amerika yang merupakan barang ilegal hasil penyelundupan.

Ia meminta pemilik restoran untuk memasak daging kalengan dan sosis tersebut dengan cara memasak khas korea. Tentunya, yang dia belum sampai resep budae jjigae tanpa gochujang, melainkan hanya khas korea.

Awalnya hidangan ini bernama budae bokkeum, kemudian berkembang menjadi makanan rebusan khas korea yang saat ini kita kenal dengan Budae Jjigae.

Setelah restoran tersebut berhasil menjual budae jjigae, restoran di kota lain seperti Itaewon, Namdaemun, dan Dongdaemun akhirnya juga menjual Budae Jjigae.

Kemudian, mulai saat itu menu baru ini juga mulai menjadi makanan yang nge-trend. Sehingga orang-orang yang ingin mencicipinya harus rela antri untuk mendapatkan sesuap Budae Jjigae.

Namun, tidak semua orang dapat mencoba budae jjigae karena harganya yang relatif mahal dibanding dengan rebusan kimchi sejenis lainnya.

Lalu, karena popularitasnya yang sangat kuat, Budae Jjigae tumbuh pesat dengan terlihatnya banyak restoran yang menjual Budae Jjigae di jalanan Uijeongbu.

Kemudian, sangking penuhnya restoran yang menjual budae jjigae, jalanan Uijeongbu berubah namanya menjadi Jalan Uijeongbu Budaejjigae (의정부 부대찌개거리).

Resep Budae Jjigae Tanpa Gochujang
Jalan Uijeongbu Budaejjigae (의정부 부대찌개거리) Pic: Korea Tourish Organization

Budae Jjigae Saat Ini

Untuk saat ini, hidangan ini sangat mudah didapatkan. Sangking mudahnya didapatkan, hidangan ini menjadi sangat umum. Selain itu, hidangan ini cocok dinikmati pada musim dingin dengan membaginya dengan keluarga.

Sepintas, Budae Jjigae mirip dengan Kimchi Jjigae. Yang membedakan adalah, komposisi Budae Jjigae ditambah dengan ham, spam, sosis, dan khususnya mie ramen.

Tentu komposisi tersebut bukan bahan tradisional Korea, melainkan makanan Amerika. Namun, resep ini sangat cocok dengan perkembangan zaman. Untuk resep selengkapnya, dapat dilihat di bawah ini.

Jika anda sedang berwisata di Korea Selatan, jangan lupa untuk mampir di Uijeongbu Budaejjigae Street. Di sana, anda akan merasakan sensasi original dari resep budae jjigae tanpa gochujang khas Korea.

Resep Budae JJigae Tanpa Gochujang

Berikut resep budae jjigae tanpa gochujang. Anda dapat membuat Saus Gochujang sendiri tanpa harus membeli gochujang yang original.

Mengingat, jika anda harus menggunakan saus gochujang original, maka anda harus membelinya langsung dari Korea secara online maupun langsung.

Hal ini memungkinkan anda akan menambah biaya tambahan untuk membuat semangkuk budae jjigae maupun makanan sejenis kimchi lainnya.

Berikut bahan-bahan yang anda perlukan yang terdiri dari bahan dasar, bahan kaldu sapi dan bahan saus Gochujang.

Resep Budae Jjigae Tanpa Gochujang

Bahan Dasar: Resep Budae jjigae Tanpa Gochujang 1

  • 100 gram kimchi yang telah difermentasi
  • 200 gram beef (daging sapi) atau spam (non halal) dipotong menjadi bentuk dadu sekitar 1 cm
  • 200 gram sosis
  • 1 bungkus ramen
  • 100 gram tteokbokki dipotong (sesuai selera)
  • 300 gram tahu, dipotong menjadi bentuk dadu sekitar 1 atau 2 cm (sesuai selera)
  • 200 gram jamur enoki yang telah dibersihkan
  • 400 gram jamur shimeji atau jamur hioki (sesuai selera)
  • 3 batang daun bawang yang telah dibersihkan dan iris (sesuai selera)
  • 2 lembar keju

Kaldu Sapi: Resep Budae jjigae Tanpa Gochujang 2

  • ½ kilo daging iga sapi
  • 1.5 liter air
  • 1 buah bawang bombay yang dipotong menjadi 4 bagian  
  • 3 batang daun bawang yang dipotong menjadi 2 bagian  
  • 1.5  sendok teh garam  
  • 1 sendok teh kaldu sapi

Bahan Saus: Resep Budae jjigae Tanpa Gochujang 3

Saus ini merupakan saus Gochujang rumahan. Jika anda tidak menginginkannya, anda dapat skip bahan-bahan ini.

  • 6 siung bawang putih yang dihaluskan
  • 2 sendok makan sambal merah (sesuai selera)
  • 3 sendok makan saus sambal pedas (sesuai selera)
  • 1 sendok makan bubuk cabai Korea, bisa diganti dengan lainnya
  • kecap asin dan gula pasir (sesuai selera)

Cara Membuat Budae Jjigae Tanpa Gochujang

  1. Membuat kaldu sapi. Rebus daging sapi dengan api besar hingga mendidih. Lalu, kecilkan api dan tambahkan seluruh Bahan Kaldu Sapi (sisihkan sedikit daun bawang untuk digunakan garnish). lalu biarkan sampai 30-40 menit, lalu angkat dan saring airnya untuk disisihkan dahulu.
  2. Membuat saus. Campurkan seluruh Bahan Saus sehingga tercampur rata, lalu sisihkan dahulu.
  3. Siapkan panci yang berdiameter lebar dan rendah. Taruh daging, sosis, dan jamur shimeji atau jamur hioki pada bagian dasar panci.
  4. Kemudian taruhlah ramen, kimchi, tahu, daun bawang, dan keju di atasnya.
  5. Tuangkan juga saus (jika anda menginginkan rasa yang pedas. Namun jika tidak, maka saus bisa skip saja).
  6. Tuangkan kaldu sapi dengan hati-hati agar susunan bahan dasar tidak tercampur, masak dengan api sedang hingga matang.
  7. Berilah daun bawang yang telah disisihkan untuk dijadikan garnish, dan sajikan dengan nasi.

Budae Jjigae pun telah siap disuguhkan.

Recipe di atas merupakan resep jjigae budae sederhana. Mengenai sausnya, tentu bahan-bahannya mengikuti resep masakan korea pedas. 

Di jakarta, anda dapat menemukan restoran yang menghidangkan makanan ini yang dapat anda cari di google map, yang dekat dengan rumah anda.

Demikianlah Resep Budae Jjigae Tanpa Gochujang. Ini merupakan resep budae jjigae halal jika anda membuatnya tanpa menggunakan spam. Segeralah membuat budae jjigae di rumah, terima kasih telah membaca!

Posting Komentar

Posting Komentar