kwvwCjc9JlPxMerN0XtrFqINgoPtZhLVJN2mDQFb
© suguhanku. All rights reserved. Developed by Jago Desain

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back

Labels

Bookmark

Cara Mengolah Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan

Cara Mengolah Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan

Cara Mengolah Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan: Sebagai rempah utama bumbu Indonesia, bawang putih tidak pernah absen, hadir setiap hari di dapur emak-emak. Acar Bawang Putih Tunggal bukan hanya kenikmatan sebagai sumbangsihnya, bawang putih selalu ada.

Masakan dengan model apapun pasti ada si baik hati ini, si bawang putih. Sebagai bumbu sayur apapun, sambal khas daerah manapun, tumisan konsep apapun, pasti ada si dia, bawang putih. Parahnya, bawang putih tunggal juga dijadikan acar.

Acar sendiri pada dasarnya adalah bahan makanan yang digunakan sebagai pelengkap makanan. Biasanya terbuat dari timun, wortel, cabai, tomat, dan bawang. Dan dibantu garam dan cuka untuk menghadirkan cita rasa segar. Oleh karena itu, bawang putih di sini bekerja sebagai pelengkap makanan, bukan hanya penyedap rasa lagi.

Manfaat Acar Bawang Putih Tunggal

Konon katanya, manfaat acar bawang putih tunggal ini banyak. Antara lain untuk menurunkan kadar kolesterol, mencegah hipertensi, menjaga daya tahan tubuh, baik untuk kesehatan tulang, dan memperlancar peredaran darah. Akan tetapi jika dimakan terus-terusan kurang baik loh guys..

Dikutip dari kompas.com, Dokter Ahli Gizi, dr. Tan Shot Yen mengungkapkan bahwa, “Acar itu asam, bawang putih pun bukan makanan yang bisa dimakan seperti kita makan buah atau sayur.”

Selanjutnya, acar adalah awetan makanan yang dibuat dengan bumbu tambahan garam. Sedangkan garam yang berlebihan dapat membuat seseorang lebih berisiko terkena kanker perut. Oleh karena itu, menambahkan acar dalam makanan jangan berlebihan, dengan melihat efek samping yang diberikan.

Akan tetapi, memakan atau mengkonsumsi acar sewajarnya tidak apa-apa kok. Di sisi lain, juga tetap memberikan manfaat bagi tubuh jika cara mengolah bawang putih tunggal baik dan benar.

Oleh karena itu, berikut merangkum Cara Mengolah Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan untuk sehari-hari, lengkap dengan berapa banyak bahannya. Berikut tutorialnya yang sangat simple dan mudah.

Cara Mengolah Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan

Bahan Acar Bawang Putih Tunggal

  • 200 gram bawang putih
  • 3 sdm cuka
  • 2 sdm gula pasir
  • 250 ml air

Cara Membuat

Berikut cara mengolah Bahan Acar Bawang Putih Tunggal

  1. Panaskan air di atas kompos sampai air mendidih. Jika air telah mendidih, matikan kompor.
  2. Setelah air mendidih, masukkan 2 sdm gula pasir. Aduk-aduk sampai larut.
  3. Kemudian masukkan 3 sdm cuka. Aduk-aduk lagi sampai gulan dan cuka benar-benar larut.
  4. Lalu diamkan air sampai dingin.
  5. Sembari menunggu air dingin, kupas kulit bawang putih dan cuci sampai bersih.
  6. Lalu, masukkan bawang putih tadi dengan 1 sdt garam ke dalam wadah lain. aduk-aduk sampai bawang putih dan garam tercampur menyatu.
  7. Setelah bawang putih dan garam menyampur, masukkan keduanya ke dalam toples kecil atau gelas jar.
  8. Masukkan larutan gula dan cuka tadi. Perlu diingat, larutan harus dingin dahulu ya.
  9. Kemudian tutup dan diamkan selama 3 sampai 5 hari.
  10. Jika langkah-langkah tersebut selesai, maka cara mengolah bawang putih tunggal untuk kesehatan selesai.

Selanjutnya, acar bawang putih tunggal siap disuguhkan.

Demikianlah Cara Mengolah Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan. Bawang putih memiliki banyak sekali manfaat. Karena itu, ada baiknya memanfaatkan bawang putih untuk kesehatan pula.

Posting Komentar

Posting Komentar