kwvwCjc9JlPxMerN0XtrFqINgoPtZhLVJN2mDQFb
© suguhanku. All rights reserved. Developed by Jago Desain

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back

Labels

Bookmark

Cara Membuat Ratatouille Original Prancis, Lihat Sejarah!!

Cara Membuat Ratatouille

Cara Membuat Ratatouille: Dilihat dari bahan dasarnya dan bumbunya, memang cara membuat Ratatouille mirip dengan tumis khas Indonesia. Makanya, banyak yang bilang bahwa Ratatouille itu sayur asemnya Indonesia.

Makanan vegeratian ini juga cocok bagi para aliran stomach. Khusus bagi mereka yang diet yang menghindari kolesterol tinggi, mereka harus mencoba makanan khas yang satu ini.

Lalu seperti apa salah satu makanan khas Les Bleus ini? Berikut sejarah dan cara membuat ratatouille, selamat membaca.

Sejarah Ratatouille

Sejarah mengatakan, bahwa awalnya, Ratatouille adalah salah satu makanan yang berasal dari Provence, tepatnya di Kota kecil bernama Nice. Dimana pada saat musim panas, para petani miskin di kota kecil ini merebus sayur-sayuran yang menjadi cikal bakal ratatouille.

Menurut gamberossointernasional, resep ratatouille berasal dari abad kedelapan belas di pedesaan Provence, berkat penemuan petani yang perlu menggunakan seluruh panen akhir musim. Keistimewaan Ratatouille adalah tercipta di wilayah Prancis tenggara yang dicirikan oleh masakan Mediteranianya, yang terbuat dari rempah-rempah aromatik dan banyak sayuran.

Oleh masyarakat Prancis, hidangan ini mereka sebut dengan ratatouille niçoise. Kata “rata” dalam Bahasa Prancis menunjukkan rebusan dengan potongan utuh. Dan touiller, yang mengacu pada tindakan mencampur bahan bersama-sama.

Selanjutnya ratatouille semakin dikenal lewat film yang berjudul “ratatouille”, dimana dikisahkan seekor tikus bernama Remy yang mampu membangkitkan emosi mendalam pada kritikus makanan bernama Anton Ego yang sangat ditakuti, dengan menghadirkan hidangan sederhana yang mengingatkannya pada masa kecilnya.

Ratatouille sendiri dibilang unik karena kesederhanaannya yang terdiri dari sayur mayur yang mudah dijumpai. Sayur mayur segar dicampur menjadi satu, dan selanjutnya hanya ditumis dengan rempah-rempah mediteria Prancis.

Dalam sejarah, Ratatouille pertama kali muncul di restoran pada abad 20-an dengan menggunakan resep Provençal tradisional, hanya menggunakan terong, paprika, cukini, bawang bombay dan tomat.

Untuk bumbunya, diperkaya dengan herbes de Provence yang khas, yaitu herba Mediterania kering yang merupakan ciri dari banyak resep lokal: rosemary, oregano, basil, thyme, sage, marjoram, adas, mint, dan gurih musim panas.

Hidangan buah cipta petani ini dibuat dengan bahan seadanya akan tetapi kaya akan rempah-rempah, dan menjadi hidangan yang layak muncul direstoran.

Dengan bahan yang mudah didapatkan tersebut, tentu kamutertarik untuk mengolahnya di dapur kesayangan. Oleh karena itu, raja kuliner telah merangkum resep raratouille ini seorisinal mungkin, dengan bahan yang disesuaikan di sekitar kita. Berikut bahan, resep, dan cara memasaknya.

Cara Membuat Ratatouille

Bahan atau Resep Ratatouille

Bahan Utama (Rata)

  • 1 Terong Ungu
  • 1 Zukini
  • 3 Tomat
  • 1 sdm minyak zaitun
  • Es batu

Bahan Saos

  • 5 Tomat
  • 1 Paprika
  • 3 Siung bawang putih
  • 1 Bawang bombay
  • 3 Minyak zaitun
  • 1 sdt Lada Hitam
  • 1 ½ sdt Garam
  • 1 sdt Parsley
  • 1 sdt Timi 

Bahan Tambahan

  • Minyak Zaitun
  • 1/2 sdt Parsley
  • 1 Daun bawang

Cara Membuat Ratatouille

Cara Membuat Ratatouille Pertama, Mengolah Bumbu Dasar

  1. Siapkan air es ke dalam wadah. Masukan 1 sendok garam ke dalamnya. Garam dimasukkan agar air tetap dingin dan es batu tidak meleleh.
  2. Potong-potong 1 buah terong setipis mungkin.
  3. Potong-potong 1 buah zukini setipis potongan terong agar seimbang.
  4. Masukan potongan terong dan zukini ke dalam air es. Hal ini dilakukan agar mencegah terong dan zukini mencoklat. Rendam selama 15 menit. Kalo selesai, angkat keduanya dan keringkan.
  5. Sementara menunggu terong dan zukini, potong 3 buah tomat setipis terong, lalu sisihkan dahulu.

Setelah mengolah bumbu dasar, dilanjutkan dengan membuat bumbu saos ratatouille.

Cara Membuat Ratatouille Kedua, Membuat Bumbu Saos

  1. Bakar buah paprika sampai kulitnya gosong rata. Setelah selesai, simpan di tempat tertutup sekitar 10 menit agar kulitnya mudah dilepas.
  2. Siapkan 4 tomat dan rebus sebentar sekitar 1 menit. Lalu pindahkan ke air es. Setelah cukup dingin, lepas kulitnya dan potong kecil-kecil.
  3. Ambil paprika yang telah disimpan di tempat tertutup, lepas kulitnya dan potong kecil-kecil juga.
  4. cincang 3 siung bawang putih sehalus mungkin.
  5. potong-potong daun bombai dengan bentuk kotak-kotak kecil.
  6. Masukkan 2 sdm minyak zaitun ke dalam panci, tumis bawang bombai secukupnya, masukkan sejumput garam agar bawang bombai keclokatan. Jangan lupa menggunakan api kecil.
  7. Setelah bawang bombai kecoklatan, masukkan bawang putih.
  8. Masukkan juga tomat dan prapika yang telah dipotong kecil-kecil tadi, masukkan timi/ oregani rosemerry, masukkan lada sesuai selera. Kalau bisa lada hitam/blackpaper ya.
  9. Tumis sampai rata.
  10. Setelah ditumis sebentar, masukkan garam sesuai selera.
  11. Masukkan air sekitar ¼ gelas agar lembek.
  12. Masukkan tumisan ke dalam blender.

Cara Membuat Ratatouille Ketiga, Mencampur Semua Bahan

  1. Siapkan terong dan zukini yang telah kering.
  2. Selanjutnya siapkan loyang kue, lapisi bagian dasar loyang kue dengan saus yang telah diblender, agar potongan Rata tidak gosong.
  3. Susunlah zukini, terong, dan tomat dengan rapi.
  4. Masukan garnis, yaitu parsley dan minyak zaitun sebagai garnish.

Ratatouille pun siap disuguhkan.

Posting Komentar

Posting Komentar