kwvwCjc9JlPxMerN0XtrFqINgoPtZhLVJN2mDQFb
© suguhanku. All rights reserved. Developed by Jago Desain

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back

Labels

Bookmark

Resep Sop Konro Karebosi, Original Makassar!!

Resep Sop Konro Karebosi: Melihat dari namanya, resep Sop Konro Karebosi telah terkenal di Makassar sendiri, maupun di luar Makassar. Sehingga banyak yang menanyakan resepnya.

Karena itu, banyak yang para emak-emak yang bertanya mengenai resep Sop Konro Karebosi yang original dan bening.

Lantas, seperti apa kuliner legend di Makassar ini? berikut suguhanku telah merangkum resep Sop Konro Karebosi, berikut asal-usul dan berbagai informasi mengenai makanan Makassar ini.

Resep Sop Konro Karebosi

Resep Sop Konro Karebosi (Pengertian)

Sop konro adalah hidangan sop khas Makassar yang menjadi tradisi suku Bugis. Bahan dasar sop ini adalah iga sapi. Sedangkan warna hitam pada sop ini dihasilkan dari buah kluwek.

Rasanya yang cenderung kuat merupakan dari ketumbar, dan pedas dari sop ini terbuat dari campuran rempah-rempah khususnya ketumbar, sedikit pala, kencur, kunyit, asam, daun lemon, daun salam, cengkeh dan kayu manis.

Saat ini, sop konro tidak lagi hanya berbentuk sop. Namun, terdapat variasi baru yang disajikan di beberapa rumah makan Makassar. Variasi baru tersebut adalah “Konro Bakar”.

Resep Sop Konro Karebosi ini terbuat dari iga sapi lengkap dengan bumbu khas konro. Walaupun iga sapi tersebut dibakar, konro bakar tetap disajikan dengan kuah sop konro secara terpisah.

Resep Sop Konro Karebosi

Asal-Usul Sop Konro

Resep Sop Konro karebosi memiliki perbedaan dengan Rawon, The Black Soup yang sedikit. Bahan yang membedakan tersebut adalah sop konro tanpa kluwek. 

Kemudian, tempat lahir antara keduanya juga beda, yaitu Sop Konro muncul di Makassar, sedangkan Rawon muncul di Jawa Timur.

Berbagai sumber mengatakan bahwa orang pertama yang membuat resep sop konro karebosi adalah Pak Hanafing. Ia adalah seorang guru yang memiliki usaha kuliner di Lapangan Karebosi, Makassar. Di tendanya ini, ia mulai menjual sop konro pada tahun 1960-an secara sederhana.

Secara bahasa, konro berasal dari bahasa Bugis, yang berarti ‘sapi’. Sop konro terbuat dari iga sapi. Namun, dulunya bahan dasar sop ini adalah kerbau. Seiring waktu, pada 1990-an populasi kerbau menurun dan masyarakat mengganti bahan dasarnya dengan iga sapi.

Kerbau sendiri adalah hewan istimewa yang dagingnya selalu ada pada acara-acara penting. Yaitu ketika menjelang perayaan hari-hari besar, masyarakat Bugis melakukan ritual potong kerbau. Lalu, bagian-bagian kerbau tersebut diambil sesuai kebutuhan hidangan. 

Yaitu bagian tulang yang berguna untuk membuat pallu konro atau pallu buku, lengkap dengan kuah yang terbuat dari campe’ (kacang merah). Campe tersebut dimasak hingga lunak, dihaluskan dan dimasukkan ke dalam kuah.

Resep Sop Konro Karebosi

Saat ini resep sop konro karebosi telah sangat terkenal di kota Makassar. Dibanding hidangan khas lainnya di Kota Angin Mamiri ini, suguhan ini lebih dicari oleh para turis lokal maupun mancanegara.

Oleh karena itu, banyak dari pedagang yang menjualnya tanpa harus menunggu hari-hari besar. Tak heran, karena rasa kuah sop konro sangat tajam dengan bumbu-bumbu pilihan.

Cara Membuat dan Resep Sop Konro Karebosi

Jika sahabat suguhanku ingin merasakan nikmatnya sop konro, berikut suguhanku telah merangkum resep sop konro karebosi. Namun, perlu diperhatikan bahwa proses masak sop ini harus detail. 

Hal ini karena jika masakan tulang kurang pas, bisa jadi dagingnya terasa keras atau terlalu lunak. Selain itu, pendidihan iga sapi bisa amis dan cenderung kotor jika proses pendidihan tidak dilakukan 2 kali. Oleh karena itu, perhatikan step by step nya.

Resep Sop Konro Karebosi

Bahan Dasar

  • 1 kg daging Iga Sapi
  • 1,5 liter air

Anda sedang membaca resep sop konro karebosi. Baca juga: Ka'pu Pantunnu, Sayur Khas Sumba

Bumbu Halus

  • 3 buah kluwak, rendam dengan air panas
  • 3 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • ½ kayu manis
  • 1 batang serai, geprek
  • 1 buah kapulaga
  • 4 buah cengkeh
  • 1 sdt ketumbar
  • 3 butir kemiri
  • ½ sdt jintan
  • 1 sdt biji lada
  • ½ sdt pala bubuk
  • kunyit secukupnya
  • Jahe secukupnya

Bahan Tambahan

  • Garam secukupnya
  • 1 sdt bubuk kaldu sapi 
  • 1 sdm gula merah 

Resep Sop Konro Karebosi

  1. Siapkan panci, didihkan air lalu masukkan tulang konro hingga daging masak setengah matang. lalu buang airnya untuk menghilangkan kotoran, bau amis dan lemak.
  2. Rebus air baru, masukkan iga sapi lagi hingga daging empuk. Lalu pisahkan iga sapi dan rebusan air, sementara sisihkan. Rebusan air akan digunakan untuk kaldu.
  3. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng hingga bau wangi rempah-rempah keluar. Jangan sampai bumbu gosong.
  4. Tuangkan air rebusan (kaldu) ke dalam tumisan. Kemudian aduk hingga rata
  5. Masukkan iga sapi dan bumbu tambahan, masak dengan api sedang hingga kuah mengental dan sekiranya bumbu meresap.
  6. Sesekali angkat kuah, dan koreksi rasanya apakah telah sesuai dengan yang diinginkan.
  7. Jika telah matang, angkat dan sajikan dengan garnish bawang goreng dan irisan daun bawang.

Sop Konro pun telah siap disuguhkan.

Demikianlah resep sop konro karebosi original Makassar oleh suku Bugis. Jika anda saran, silahkan berikan saran anda di kolom komentar ya. Terima kasih!!

Posting Komentar

Posting Komentar