kwvwCjc9JlPxMerN0XtrFqINgoPtZhLVJN2mDQFb
© suguhanku. All rights reserved. Developed by Jago Desain

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back

Labels

Bookmark

Tude Bakar Berasal Dari Mana? Kerapu Manado

Tude Bakar Berasal Dari: Makanan daerah ini merupakan suguhan yang asalnya dari Manado. Suguhan ini baru-baru ini muncul. Asal-usulnya terlahir masih dalam abad ke 20. Hidangan ini sangat kental dengan Kota Manado.

Mengenai informasi Tude Bakar berasal dari mana, beberapa orang mungkin telah tahu bahwa Tude bakar berasal dari Manado. Namun bagaimana asal-usulnya?

Berikut Informasi mengenai Tude Bakar berasal dari mana, asal-usulnya, resep original serta cara pembuatannya yang simple.

Tude Bakar Berasal Dari

Tude Bakar Berasal dari Manado

Terkenal dengan pantai dan lautnya yang indah, Kota Manado ternyata baru saja melahirkan suguhan istimewa. Tude Bakar adalah salah satunya. Sajian ini menjadi rujukan utama bagi para turis lokal dan wisatawan lainnya.

Makanan khas daerah ini tak lain adalah ikan laut yang dibakar. Nama lain ikan tude sendiri adalah ikan kembung yang sekerabat dengan ikan tenggiri, tongkol, tuna dan makarel. Namun, penamaan tude sendiri belum jelas dari mana.

Salah satu tempat yang menghidangkan ikan tude adalah Angel Fish, terletak di Kelurahan Ranomuut, Manado. Rumah makan Angel Fish adalah rumah makan pertama yang menghidangkan hidangan ini. (kompas.tv)

Ronny Mamesah (pemilik rumah makan ini menjelaskan), bahwa rumah makannya telah berdiri sejak awal tahun 2.000 dan menjadi perintis rumah makan tude bakar berasal dari Manado yang pertama.

Warga Manado sendiri mencintai sajian ini. Karena pemilik rumah makan mengaku, ia menggunakan ikan hasil tangkapannya sendiri. Sehingga ketika telah siap saji, rasa ikan yang segar masih terasa.

Tude Bakar Berasal Dari
Sajian di Rumah Makan Angel Fish

Angel Fish termasuk rumah makan yang selalu ramai pembeli. Pemilik mengatakan, dalam sehari rumah makannya dapat menjual ikan tude hingga 500 ekor. Walaupun demikian, rumah makannya juga menjual selain ikan tude.

Adapun pengunjung paling ramai yaitu ketika siang hari dan akhir pekan. Beberapa orang memilih akhir pekan karena sekalian untuk menikmati pantai di dekat rumah makan.

Proses Pembuatan Tude Bakar Berasal Dari Manado

Untuk menghasilkan suguhan yang menggiurkan, proses pembuatan ikan tude menjadi lumayan panjang. Diawali dengan merendam ikan tude dalam air jeruk nipis, setelah dirasa cukup, lalu dibakar dengan sesekali dilumuri minyak sampai matang.

Di sisi lain, ada sesuatu yang menjadi ciri khas suguhan ikan tude, yaitu sambal dabu-dabu. Sambal ini harus ada karena merupakan perpaduan daging dengan rempah lainnya. Terdiri dari irisan cabai, tomat dan bawang yang disiram dengan minyak panas.

Dengan perpaduan kedua menu tersebut, sajian ini memiliki ciri khas yang bumbu rempahnya sangat kuat. Dan dagingnya terasa sangat gurih dengan cocolan sambal dabu-dabu, dan biasanya dengan tambahan kangkung tumis.

Tude Bakar Berasal Dari

Adapun menu lainnya, seperti nike goreng (seperti perkedel yang terbuat dari ikan nike yang hanya terdapat di Danau Tondano Minahasa dan tepung), dan woku ikan tude dengan rempah pilihan yang kaya.

Kandungan Gizi dan Resep Tude Bakar

Seperti ikan laut lainnya, ikan tude memiliki kandungan gizi yang tidak dapat banyak. Walaupun ukurannya kecil, nyatanya sebanding dengan ikan salmon.

Kandungan tersebut adalah omega 3, protein, fosfor, vitamin B2, vitamin B6 vitamin B12 dan banyak lainnya. Kandungan gizi dan rasa yang enak gurih tentu membuat agan-agan ingin menikmati sajian tersebut.

Namun, bila rumah agan-agan terlalu jauh dari Manado, sedangkan tude bakar berasal dari Manado, ada baiknya agan-agan membuatnya sendiri di rumah. Berikut resep original khas Manado.

Tude Bakar Berasal Dari
Bahan-Bahan Dasar

Bahan Dasar

  • 4 ekor ikan kembung (800 g), kerat-kerat dan bersihkan
  • 2 dms air jeruk lemon cui
  • 1 sdt garam

Sambal Dabu-Dabu

  • 8 butir bawang merah, iris tipis
  • 7 buah cabai rawit, iris tipis
  • 50 g tomat merah, potong kecil-kecil bentuk dadu
  • 50 g tomat hijau, potong kecil-kecil bentuk dadu
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat Tude Bakar berasal dari Manado

  1. Siapkan ikan kembung yang telah dikerat dan dibersihkan.
  2. Rendam ikan kembung dengan perasan air jeruk lemon cui selama 15 menit.
  3. Bakar ikan kembung, sesekali olesi dengan minyak goreng hingga matang.
  4. Aduk rata seluruh bahan sambal dabu-dabu.
  5. Sajikan ikan kembung dengan sambal dabu-dabu. Siapkan daun kemangi sebagai lalapan.

Hidangan Tude Bakar berasal dari Manado yang merupakan resep original telah siap disuguhkan.

Posting Komentar

Posting Komentar