kwvwCjc9JlPxMerN0XtrFqINgoPtZhLVJN2mDQFb
© suguhanku. All rights reserved. Developed by Jago Desain

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back

Labels

Bookmark

Paella Terbuat Dari Apa? Awal Mula Kata Paella

Paella terbuat dari apa: Hidangan ini adalah nasi kuning yang di kemudian hari memiliki berbagai variasi. Mengenai Paella terbuat dari apa, sejarah mengungkapkan bahwa bahan dasar makanan Spanyol ini terbuat dari nasi, sayuran segar dan berbagai macam daging.

Lantas mengapa nasi paella berwarna kuning? Ini karena paella terbuat dari apa pun yang mengandung rempah-rempah berwarna kuning, seperti kunyit dan minyak zaitun.

Paella Terbuat Dari Apa

Asal Mula Kata Paella

Secara bahasa, menurut thepaellacompany.co.uk paella berasal dari kata ‘la paella’ yang berarti panci. Sedangkan menurut wikipedia paella berasal dari kata dalam Perancis Kuno paelle (panci), yang selanjutnya juga berasal dari kata Latin patella yang artinya juga panci.

Namun, teori luar biasa lainnya memungkinkan arti paella berasal dari suatu hal yang romantis. Yaitu suatu hidangan pertama yang disiapkan kekasih untuk tunangannya, dengan mengatakan ‘para ella’ yang berarti ‘untuknya’ dalam bahasa Spanyol.

Mitos tersebut agaknya terbukti kebenarannya, yaitu dimana wanita-wanita Spanyol yang saat ini masih memasak secara tradisional, ketika memasak paella tetap diserahkan kepada pria.

Selain teori mitor romantis tersebut, orang-orang Eropa juga mengakui bahwa paella merupakan hidangan nasional Spanyol. (thepaellacompany.co.uk)

Paella Terbuat Dari Apa

Zaman dahulu, Paella Terbuat dari Apa?

Mengenai paella terbuat dari apa, pada zaman dahulu paella adalah suatu suguhan nasi kuning yang berasal dari Valencia. Namun, orang-orang luar Spanyol menganggap bahwa Paella berasal dari Spanyol. Meskipun demikian, orang-orang Spanyol sendiri mengakui bahwa Paella adalah salah satu makanan khas Valencia.

Melihat sejarah, pembahasan bukan hanya mengenai paella terbuat dari apa, namun juga membahas tentang paella yang lahir dari dua budaya. Menurut ahli sejarah hidangan Spanyol, 

Lourdes March mencatat bahwa paella melambangkan persatuan dan warisan dua budaya penting. Yaitu Romawi yang memberi perkakas panci dan Arab yang membawakan makanan dasar manusia selama berabad-abad, yaitu nasi.

Bahan paella adalah nasi berbentuk bulat, dengan kacang hijau, daging kelinci, ayam, bebek maupun babi. Untuk warna dan rasa yang khas, masyarakat Valencia menambahkan kunyit. Selain itu, masyarakat juga menambah rempah-rempah sesuai dengan daerah masing-masing.

Setiap orang mudah menemukan paella khususnya di restoran-restoran Spanyol. Saat ini, Paella telah hadir banyak di Indonesia karena semakin maraknya tapas bar Spanyol di Jakarta.

Paella Terbuat Dari Apa

Sejarah Paella Valencia

Paella awalnya adalah makanan para petani kuno di pedesaan Laguna Albufera (suatu desa dekat dengan kota Valencia). Para pekerja memasaknya di atas api kayu untuk makan siang. Hal ini terjadi pada sekitar abad 18-an.

Lalu, resep tradisional paella terbuat dari apa? Tentu nasi (rice) dan bahan seadanya, yaitu berang-berang. Novelis Vicente Blasco Ibáñez dalam novelnya Cañas y Barro menggambarkan keadaan realistis orang Valencia yang terbiasa makan berang-berang pada saat itu. Adapun biasanya mereka menambahkan kacang putih dan belut.

Lalu untuk sentuhan rasa dan warna, mereka menggunakan kunyit. Dan menambahkan kacang untuk memperkaya tekstur dan rasa. Cara menikmati tradisionalnya, yaitu dengan memakan paella langsung di atas wajan.

Lalu, pada abad ke-19, karena nasi lebih mudah ditemukan dan standar hidup meningkat, bahan-bahan pembuatan paella berubah. Mereka menambahkan bahan kelinci dan bebek. Dan pada acara khusus bahannya menggunakan ayam, meskipun untuk beberapa orang kurang mampu menggunakan siput.

Paella Terbuat Dari Apa
Disiapkan untuk para petani Valencia. Pic: thepaellacompany.co.uk

Tepat pada tahun 1840, pertama kalinya sebuah surat kabar lokal Spanyol menggunakan kata paella untuk menyebut suatu resep yang mengarah pada panci. Seiring dengan perubahan sosiologis warga pedesaan Spayol.

Pada cerita lama lainnya, awal mula paella berasal dari para pelayan raja Moor yang mencampur nasi dengan sisa makanan jamuan hidangan kerajaan, yang kemudian dimasukkan di dalam panci besar untuk dibawa pulang. Karena itu, beberapa pendapat mengatakan bahwa paella berasal dari arab “baqiyah” yang artinya sisa.

Mengenal Macam-Macam Paella

Saat ini di berbagai belahan Spanyol, berbagai variasi makanan ini mudah ditemukan. Hal ini karena kemunculan paella asli Valencia, yang kemudian berkembang varian lainnya di berbagai daerah nya. 

Paella Terbuat Dari Apa

Ada macam-macam paella yang dapat dijumpai. Rata-rata. paella terbuat dari apa pun yang mengandung daging. Misalnya, dengan daging ayam, kelinci dan bebek, Lalu paella seafood (paella de marisco) mengganti daging original dengan daging laut, tanpa kacang dan sayuran.

Adapun paella campur (mixta) yang terdiri dari berbagai daging bebas sesuai keinginan, dan paella sayuran (paella de verduras) yang cenderung hanya terdiri dari sayuran hijau.

Dari bahan-bahan di atas, tentu anda mengetahui paella terbuat dari apa.

Paella Sebagai Suguhan Acara Libur Akhir Pekan

Di Spanyol, makanan ini menjadi suguhan keluarga saat berkumpul di restoran pada Hari Raya seperti Misa. Dan biasanya sering dimasak di akhir pekan di vila-vila tempat liburan, lokasi piknik, maupun di gunung dimana keluarga pada berkumpul. Unik, seperti tradisi kimchi!!

Selain itu, orang Spanyol juga membuat ajang kompetisi membuat paella. Alasannya adalah bagaimana paella terbuat dari apa tersebutlah, yang membuat unik dan menyenangkan. Selain itu, pada acara tertentu paella raksasa menjadi pusat perhatian. Seperti nasi tumpeng, keren!!

Paella Terbuat Dari Apa

Paella Terbuat Dari Apa?

Bahan Paella Terbuat dari Apa? Berikut Bahan-Bahannya

  • Nasi - 500 g
  • Paha ayam - 6 buah
  • Kepah (kerang remis) - 500 g
  • Udang gala - 10 ekor
  • Cumi-cumi - 2 ekor
  • Bacon atau daging lain yang sudah diasapkan - 6 potong
  • Sosis - 1 buah
  • Jeruk lemon - 1 buah
  • Kaldu ayam - 1 liter
  • Tepung terigu
  • Kacang polong - 2 genggam
  • Bawang Bombay - 1 buah
  • Bawang putih ­- 4 siung
  • Daun peterseli - 1/2 dari 1 genggam
  • Minyak zaitun - 100 ml
  • Bubuk kunyit - 1/2 sendok makan
  • Bubuk paprika yang sudah diasapkan - 1 sendok teh

Resep Paella Valencia

Setelah mengetahui paella terbuat dari apa (bahan-bahannya), berikut cara membuatnya.

  1. Siapkan oven, panaskan dengan suhu 190 derajat Celcius.
  2. Potong setiap paha ayam menjadi 4 bagian, lalu taburi garam dan lada hitam. Kemudian selimuti dengan tepung terigu.
  3. Siapkan panci paella dengan bentuk seperti pizza yang dapat masuk ke dalam oven, lalu goreng ayam di atas panci dengan api sedang sampai warna ayam berubah emas kecoklatan.
  4. Lalu pindahkan ayam ke wadah dan panggang di dalam oven selama 20 menit.
  5. Sembari menunggu, potong sosis dan bacon/daging , serta potong kecil-kecil bawang bombay, bawang putih dan daun parsley.
  6. Lalu siapkan kembali panci tadi, masak daging-daging yang baru dipotong ke di atas panci sampai semuanya renyah. Kemudian tuangkan juga bawang bombay, bawang putih dan daun parsley sampai baunya wanginya tercium.
  7. Kemudian tuangkan setengah minyak zaitun, kaldu ayam, bubuk paprika, kunyit serta nasi. Masak selama 20 menit dengan api sedang. Aduklah sesekali.
  8. Siapkan cumi-cumi, potong menjadi dua bagian. 
  9. Setelah dimasak 20 menit, tuangkan lagi setengah dari kaldu ayam, kacang polong, udang gala, kerang serta cumi-cumi. Tutup panci, masak selama 10 menit.
  10. Masukkan ayam dari oven, taburkan daun parsley dan perasan lemon.

Paella Valencia pun telah siap disuguhkan.

Tutorial Membuat Nasi Paella

Karena teman-teman telah mengetahui paella terbuat dari apa, kali ini suguhanku akan menunjukkan video tutorial cara membuat paella dari salah satu food cooker terkenal di dunia. Berikut videonya:

Demikianlah paella terbuat dari apa, sejarah atau asal-usul, macam-macamnya, bagaimana eksistensi makanan Spanyol ini pada saat ini dan bagaimana cara membuat paella. Segeralah membuatnya di rumah, dan rasakan sensasinya.

Posting Komentar

Posting Komentar