kwvwCjc9JlPxMerN0XtrFqINgoPtZhLVJN2mDQFb
© suguhanku. All rights reserved. Developed by Jago Desain

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back

Labels

Bookmark

Kelaq Sebie Sayur Khas NTB (Sayur NTB Paling Pedas)

Kelaq Sebie

Kelaq Sebie Sayur Khas NTB (Sayur Khas NTB Paling Pedas)

Kelaq Sebie adalah sayur khas Pulau NTB yang berbahan dasar Sebie, atau sering kita sebut dengan cabai. Karena itu, kelaq sebie merupakan sayur paling pedas di antara sayur-sayur lainnya. Lalu, bagaimana rasa dari kelaq sebie khas pulau NTB tersebut?

Berikut kami telah rangkum mengenai kelaq sebie, sejarah, resep dan cara membuatnya secara lengkap. Selamat membaca!

Nusa Tenggara Barat

Alam yang membentang di Kepulauan Nusa Tenggara Barat terdiri dari gunung, lembah, bukit, sungai, dataran rendah, dan pantai. Di sana, pemandangan sangat indah membuat NTB merupakan salah satu pulau yang digemari para turis local maupun mancanegara.

Nusa Tenggara Barat (NTB) terkenal akan tempat-tempat wisata yang menawarkan pemandangan indah dan menakjubkan. Misalnya saja Pemandian Raja di NTB, Gili Trawangan, Pantai Senggigi, Air Terjun Mata Jitu, dan Gunung Rinjani.

Di Nusa Tenggara Barat, terdapat beberapa keunikan yang sangat terkenal. NTB juga terkenal dengan julukan Pulau Seribu Masjid karena sangking banyak nya masjid di pulau tersebut, yaitu terdapat 9.996 masjid (data 2022).

Selain itu, terdapat keanekaragaman budaya, kebiasaan, maupun makanan khas di pulau Nusa Tenggara Barat. Seperti budaya pernikahan yang unik, beragam rumah adat dan suku sasak, makanan khas yaitu plecing kangkong dan ayam taliwang, dan Tugu Giri Meneng (symbol kerukunan umat beragama), masih banyak lagi.

Adapun makanan yang khas, salah satunya adalah berbagai menu sayur, seperti kelaq batih, kelaq kelaq sebei, kelaq, kelaq kelaq lebui dan kelaq kelor. Jika di atas kita membicarakan asal pulaunya, di bawah ini, kita akan membahas makanannya, yaitu kelaq sebei sayur khas ntb.

Kelaq Sebie Sebagai Sayur Khas NTB (Nusa Tenggara Timur)

Kelaq sabie berasal dari kata ‘sabie’ (bahasa sasak) yang berarti cabe. Sedangkan kata ‘kelaq’ (bahasa sasak) berarti sayur, karena itu, kelaq sabie adalah sayur yang pedas atau disebut dengan  sayur cabe.

Salah satu hidangan terkenal di Lombok adalah kelaq sabie, yang terutama terbuat dari sabie atau cabe. Sayuran ini menjadi salah satu makanan panas Lombok dengan tingkat kepedasannya. Hal ini karena memang kuliner kelaq sebie ini terkenal dengan rasanya yang panas dan menyengat lidah.

Kelaq sebie menjadi sayur paling pedas karena bahan utamanya adalah cabe rawit hijau. Untuk memasak kelaq sebie kita membutuhkan cabe rawit hijau sekitar satu kilogram. Kelaq sebie terasa lebih mantap jika dimasak lebih lama sampai kuah santannya tersisa sangat kental.

Untuk membuat kelaq sebie, bahan yang dibutuhkan adalah cabai rawit yang dipotong kecil - kecil dan dicampur dengan dengan Gerang (ikan teri kecil-kecil). Selain itu, ada juga yang membuat kelaq sebei dengan hanya bahan cabai tanpa sayuran.

Bumbu lainnya, seperti bawang merah, bawang putih, terasi, dan santan menjadi bumbu dasar sayur ini. Selain sebagai sayuran, kelaq sabie sering dimakan dengan tambahan seperti tuna, ikan teri kecil, atau sayuran terong.

Kelaq sabie masih menjadi makanan utama yang disajikan dengan porsi paling banyak, meski dikombinasikan dengan bahan lainnya. Untuk menyiapkan kelaq sabie, cukup masak semua bumbu dan tambahkan semua bahan, termasuk bahan utama. Saat sudah mengental, tambahkan santan. Hidangan legendaris paling populer di Lombok adalah kelaq sabie.

Kelaq Sebie

Resep Kelaq Sebie, Sayur Khas NTB

  • Ayam (rebus hingga empuk) – (1 kg)
  • Air (500 ml)
  • lombok merah (sesuai selera)
  • Lombok rawit (sesuai selera)
  • Bawang merah (20 siung)
  • Bawang putih (6 siung)
  • Jahe (1 ruas)
  • Kunyit (1 ruas)
  • Laos (½ jempol)
  • Merica (sesuai selera)
  • Kerumbar (sesuai selera)
  • Terasi (sesuai selera)
  • Asam jawa (sesuai selera)
  • Gula (sesuai selera)
  • Garam (sesuai selera)
  • Penyedap rasa (sesuai selera)

Cara Membuat Kelaq Sebie Sayur Khas NTB

  1. Siapkan wadah, haluskan seluruh bumbu.
  2. Siapkan wajan, tumis bawang merah hingga harumnya tercium, masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Lanjutkan tumisan hingga mengeluarkan minyak.
  3. Masukkan ayam, aduk selama 15 menit.
  4. Jika sudah, masukan juga air, gula, asam jawa, penyedap rasa dan garam.
  5. Aduk hingga rata selama 3 menit.

Kelaq sebie telah siap disuguhkan.

Posting Komentar

Posting Komentar