kwvwCjc9JlPxMerN0XtrFqINgoPtZhLVJN2mDQFb
© suguhanku. All rights reserved. Developed by Jago Desain

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back

Labels

Bookmark

Kelaq Lebui Sayur Khas NTB yang Terlupakan

Kelaq Lebui

Kelaq lebui adalah salah satu sayur khas Pulau NTB yang terbuat dari kedelai hitam. Kelaq lebui mirip dengan bubur kacang hijau, bedanya sayur ini memiliki rasa asin. Bagaimana kelaq lebui khas NTB tersebut?

Untuk kali ini, kami sajikan informasi untuk mengenal lebih lanjut mengenai kelaq lebui, ciri khas serta resep kelaq lebui.

Kelaq Lebui, Sayur Khas NTB

Kelaq lebui atau biasanya disebut dengan kelaq lebui adalah salah satu kuliner asli Lombok yang terbuat dari kedelai hitam. Sayur ini biasanya menjadi sayur pelengkap.

Biasanya, masyarakat Lombok memakan sayur kelaq lebui dengan makanan lauk lainnya, seperti ayam bakar taliwang, ayam raring, sate bulayak, lengkap dengan nasi putih.

Adapun untuk minuman pendampingnya, biasanya masyarakat Lombok meminum bubur reket bereng, es sarang burung, tuak manis, dan lain sebagainya.

Untuk rasa dari kelaq lebui sendiri juga sangat memikat. Di Indonesia sendiri sangat jarang dijumpai sayur yang terbuat dari bahan dasar kedelai hitam, dicampur dengan daging sapi. Karena itu, kelaq lebui memiliki rasa yang khas.

 Di daerah tertentu, seperti di Masbagik Timur, biasanya kelaq lebui dimasak dengan campuran dawung (dedaunan yang tumbuh di pematang sawah) dan pepaya muda.

Sayur Lebui Saat Ini

Nusa Tenggara Barat membentang luas di daerah timur Pulau Bali. Terdapat 2 pulau besar dan ratusan pulau-pulau kecil yang menghiasi pulau tersebut, yang terkenal dengan hidden gems.

Begitu pula dengan makanannya, kelaq lebui sangat jarang terdengar di telinga kita, namun sayur ini sangat terkenal bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat.

Walaupun demikian, sayur mulai hilang eksistensinya karena mulai merambahnya makanan-makanan cepat saji di pulau Nusa Tenggara Barat.

Terkadang, di pulau Lombok sendiri biasanya Kelaq Lebui disebut dengan sayur lebai. Karena memang antara kata lebui sama kebai mirip. Karena itu, masyarakat Lombok kerap menyebutnya dengan sebutan kelaq lebai.

Adapun ketika anda berkunjung di Lombok, anda akan sering menemui sayur ini di rumah-rumah warga dan warung makan & lesehan. Sayuran ini terkenal dengan makanan kampung.

Kelaq Lebui

Resep Kelaq Lebui Khas NTB

Jika anda tertarik membuat sayur lebui, anda dapat menemukan seluruh bahannya di pasar tradisional. Karena itu, resep bahan sayur ini sangat mudah ditemukan.

Berikut bahan-bahan untuk membuat sayur kelaq lebui:

  • Daging (100 gram)
  • Kacang hitam (250 gram)
  • Cabe rawit (2 buah)
  • Daun bawang (1 gendel)
  • Daun kemangi (1 gendel)
  • Lengkuas (2 ruas)
  • Tomat (1 butir)
  • Bawang putih (2 siung)
  • Terasi bakar (½ sdt)
  • Air asam (1 sdm)
  • Bumbu halus
  • Garam sesuai selera
  • Minyak goreng
  • Air secukupnya

Cara Membuat Kelaq Lebui Khas NTB

  1. Siapkan panci, rebus air. Lalu masukkan kacang lebui
  2. Masukkan juga daging sapi, masak daging setengah matang.
  3. Siapkan wajan, tumis bumbu halus dan masukkan lengkuas hingga harum nya tercium. Tambahkan Lombok sesuai selera
  4. Kemudian, bumbu yang telah ditumis dituangkan ke dalam rebusan kacang & daging.
  5. Jika daging sudah empuk, uangkan tomat dan garam sesuai selera
  6. Masukkan juga daun bawang dan kemangi. Tunggu hingga matang, matikan kompor jika sudah matang.

Kelaq/sayur lebui pun telah siap disuguhkan.

Posting Komentar

Posting Komentar