kwvwCjc9JlPxMerN0XtrFqINgoPtZhLVJN2mDQFb
© suguhanku. All rights reserved. Developed by Jago Desain

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back

Labels

Bookmark

Kenapa Orang Suka Makan Pedas? Berikut Penjelasannya

Kenapa Orang Suka Makan Pedas

Pernahkan anda berfikir, kenapa sejumlah orang suka makan pedas, bahkan ada yang  suka nggado cabai setan (lombok setan) tanpa dengan gorengan atau lauk apapun hingga dianggap lidahya telah mati.

Adapun di berbagai daerah, di tempat-tempat ramai seperti pasar malam, kenapa orang orang suka makan pedas ditunjukkan dengan diadakannya lomba makan pedas dengan cepat dengan berbagai sponsor.

Melihat secara histori, mengapa sejumlah orang suka makan makanan pedas tersebut ternyata bukan tanpa alasan. Bahkan, rasa pedas menurut seorang psikolog merupakan karakter bagi sejumlah orang di suatu tempat.

Sejarah Singkat Capsicum Annuum (Cabai atau Paprika)

Pada kenyataannya, Capsicum annuum (cabai atau paprika) merupakan tanaman cabai pertama yang dibudidayakan, yang mungkin tempat cabai dunia pertama berasal dari tempat yang sekarang disebut Meksiko.

Awalnya, cabai dibawa sebagai hasil dari pertukaran Kolombia, yang terjadi antara Amerika dan Belahan Bumi Timur setelah pelayaran transatlantik pertama Christopher Columbus di akhir abad ke-15.

Meskipun kedengarannya tidak dapat dipercaya, sebelum abad ke-16 dan seterusnya, cabai sama sekali tidak ada dalam masakan yang sekarang kita identifikasi dengan panas, termasuk India, Thailand, Korea, dan Cina, antara lain.

Sebelum itu, Masakan mengandalkan rempah-rempah atau aromatik lain untuk memberi panas pada makanan, seperti lada hitam, yang berasal dari India, atau jahe, yang mungkin berasal dari Cina Selatan.

Bagaimana cabai mulai dikonsumsi oleh orang-orang di Amerika antara 6.000 dan 10.000 tahun yang lalu? Dan mengapa seluruh dunia akhirnya menerima mereka?

Berikut penjelasan dari ahli antropolog, ahli biologis dan ahli psikologi, mengenai kenapa orang suka makan pedas.

Kenapa Orang Suka Makan Pedas

Kenapa Orang Suka Makan Pedas?

Meskipun sejumlah reseptor memediasi indera fisiologis kita, bagaimana kita menafsirkan rangsangan sensorik ditentukan oleh pengalaman masa lalu dan preferensi pribadi kita, yang keduanya pada gilirannya dipengaruhi oleh lingkungan tempat kita dibesarkan.

Misalnya, antropolog telah melihat fakta bahwa warna (atau, lebih khusus lagi, bagaimana kita akan "melihat" atau menafsirkan item tertentu secara visual) tidak universal tetapi bervariasi di antara komunitas.

Menurut beberapa ahli biologi evolusi, kecenderungan manusia untuk rempah-rempah berasal dari kebutuhan. Mereka berpendapat bahwa orang mulai menyukai paprika karena cabai memiliki karakteristik anti bakteri alami yang dapat membantu melestarikan makanan yang mudah rusak.

Terutama di daerah tropis di mana makanan mudah rusak, seperti makanan panas lainnya seperti wasabi. (Dalam evolusi tanaman lada itu sendiri, perkembangan capsaicin, yang di Chili menyebabkan pembakaran, tampaknya terkait dengan pertahanannya terhadap jamur.)

Di sisi lain, psikolog telah mengusulkan bahwa kenapa sejumlah orang suka makan pedas karena mungkin terkait dengan kecenderungan untuk merasa. Pada tahun 1980, psikolog Paul Rozin dan Deborah Schiller sampai pada kesimpulan ini berdasarkan percobaan di mana peserta diberi cabai rasa yang semakin pedas.

Mereka menulis,"banyak tindakan manusia lainnya dapat dianggap sebagai contoh 'risiko terbatas' yang mencari sensasi atau kenikmatan. Contohnya termasuk makan cabai, naik roller coaster, dan memiliki mandi air panas.

Penelitian yang lebih baru telah menghubungkan preferensi cabai dengan faktor kepribadian seperti pencarian sensasi dan sensitif terhadap penghargaan." Ilustrasi ekstrim dari tren ini dapat dilihat pada peningkatan popularitas kontes makan cabai baru-baru ini.

Kenapa Orang Suka Makan Pedas

Selain studi biologis dan psikologis ini, antropolog dan peneliti di bidang yang berdekatan juga menambahkan komponen budaya pada pemahaman kita tentang kenapa beberapa orang tampaknya suka makan makanan yang lebih pedas.

Mereka berpendapat bahwa manusia dapat mengkonsumsi berbagai macam makanan, seperti yang telah ditunjukkan oleh para antropolog selama bertahun-tahun; oleh karena itu, pilihan kita tentang apa yang harus dimakan sering berbicara lebih banyak kepada kita daripada kebutuhan biologis atau psikologis kita. Mereka adalah cerminan dari budaya kita dan cita-citanya.

Misalnya, permintaan akan masakan yang lebih panas dikaitkan dengan gagasan identitas regional dan nasional di berbagai bagian Meksiko. "Somos fuertes porque comemos purochile" adalah pepatah yang digunakan oleh orang indian Mixtec di Oaxaca, menurut sejarawan budaya Esther Katz, artinya "kami kuat, karena kami tidak makan apa-apa selain lada".

Spunkiness atau kualitas kepribadian lain yang berhubungan dengan makan makanan pedas dapat membantu orang-orang tertentu memisahkan diri dari kelompok lain, termasuk mereka yang tinggal di negara yang sama.

Hal ini lebih lanjut ditunjukkan oleh fakta bahwa cabai menjadi sebagai simbol identitas regional dan bahkan persaingan regional di Komunis Tiongkok. Menurut pepatah, "orang Hunan takut akan makanan yang tidak panas; orang Sichuan tidak takut dengan cabai pedas; dan orang Guizhou tidak akan takut dengan sesuatu yang panas."

Selanjutnya, Mao Zedong, pemimpin Revolusi Komunis, adalah penduduk asli Hunan yang dengan paksa menyamakan kemampuan menangani rempah-rempah dengan semangat revolusioner. Ada kutipan yang dikaitkan dengan Mao Zedong yang berbunyi, "tanpa Chili, tidak akan ada revolusi."

Kenapa Orang Suka Makan Pedas
Kemudian, ada beberapa tempat di mana kepedasan dan identitas gender terkait. Misalnya, di Jepang pria biasanya dianggap lebih suka masakan panas (dan alkohol) dan meremehkan hidangan manis, menurut penelitian oleh antropolog Jon Holtzman.

Namun, meskipun rasa manis terkadang masih lebih terkait dengan wanita dan anak-anak, sikap mengenai preferensi makanan telah berubah seiring dengan transformasi konsepsi maskulinitas masyarakat Jepang di abad ke-20.

Tak perlu dikatakan bahwa selera berubah seperti masyarakat. Memang, beberapa makanan yang sejumlah orang menemukan menyenangkan atau benar-benar menjijikkan dapat tumbuh menjadi sangat dipuja oleh orang lain.

Pertimbangkan bagaimana, dalam beberapa tahun terakhir, Peru haute dining telah memasukkan marmut, kelezatan tradisional Andes yang dikonsumsi oleh penduduk asli, atau bagaimana makanan penyebaran Vegemite telah menjadi bagian dari Karakter Nasional Australia.

Karena itu, orang - orang memiliki selera mereka sendiri bahkan dalam kelompok tertentu. Preferensi makanan tidak boleh digunakan untuk menggeneralisasi tentang suatu kelompok etnis atau untuk memperkuat stereotip negatif. Ini diringkas secara ringkas oleh siswa kelas delapan Jacquelin Rojas dari Amerika Serikat di situs web yang mendorong pengguna untuk memfilter pendapat mereka tentang ras. Dia mencatat, bahwa tidak semua orang Meksiko menikmati makanan pedas.

Pada akhirnya, tidak ada satu faktor saja yang dapat menjelaskan mengapa beberapa orang menikmati masakan pedas dan yang lainnya tidak. Terlepas dari itu, sejarah cabai menunjukkan bahwa hampir di seluruh penjuru dunia membumbui makanan dan kehidupan sehari-hari mereka.

Kisah ini pertama kali dirilis dalam publikasi Antropologi Sapiens.

Gideon Lasco, seorang Dokter dan antropolog berkantor pusat di Manila, Filipina. Dia menerima gelar MD di Universitas Filipina dan gelar PhD dari Universitas Amsterdam, di mana dia sekarang mengajar Antropologi.

Posting Komentar

Posting Komentar