kwvwCjc9JlPxMerN0XtrFqINgoPtZhLVJN2mDQFb
© suguhanku. All rights reserved. Developed by Jago Desain

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back

Labels

Bookmark

Apakah Sukun Bisa Menggantikan Fungsi Beras?

Apakah Sukun Bisa Menggantikan Fungsi Beras

Pertanyaan mengenai apakah sukun bisa menggantikan fungsi beras pada dasarnya adalah hal yang lumrah. Namun, mengapa akhir-akhir ini banyak yang menanyakannya?

Orang-orang banyak yang bertanya "apakah sukun bisa menggantikan fungsi beras?", karena memang banyak prediksi yang mengatakan bahwa di masa depan akan terjadi mahal pangan.

Namun, walaupun tidak mesti terjadi, penjelasan oleh para peneliti berikut dapat menjelaskan mengenai bagaimana sukun bisa menggantikan fungsi beras, apakah memang bisa, dan esensi dari buah sukun tersebut terhadap beras.

Apakah Sukun Bisa Menggantikan Fungsi Beras? (Menurut Peneliti)

Penelitian baru menunjukkan bahwa sukun akan lebih baik daripada tanaman pokok kita saat ini di bawah kondisi pemanasan.

Sukun adalah hidangan serbaguna yang telah digunakan secara luas dengan cara digoreng, difermentasi, dipanggang, atau bahkan dimakan mentah.

Menurut laporan yang diterbitkan bulan ini di jurnal PLOS Climate, buah sekarang mungkin menjadi lebih penting dalam mengatasi kelaparan dunia karena perubahan iklim akibat aktivitas manusia.

Menurut penelitian sebelumnya, perubahan iklim dapat menyebabkan penurunan hasil tanaman pokok seperti jagung, kedelai, gandum, dan beras di masa depan, terutama di daerah dekat khatulistiwa.

Namun, penelitian saat ini mengungkapkan bahwa tanaman sukun berbeda. Di sisi lainl, jeruk limau tampaknya lebih kuat terhadap kenaikan suhu dan ketidakpastian curah hujan yang lebih tinggi.

Para peneliti menggunakan model iklim untuk tahun 2061 hingga 2080 untuk memproyeksikan bagaimana buah sukun akan tumbuh di masa depan, apakah sukun bisa menggantikan fungsi beras atau tidak.

Mereka menemukan bahwa area yang cocok untuk menanam sukun akan berkurang hanya 4,4% jika emisi gas rumah kaca stabil (skenario yang masih akan menghasilkan pemanasan yang cukup besar). Daerah-daerah itu mungkin mengalami pengurangan 4,5 persen yang sangat mirip jika aktivitas manusia mengikuti jalur "emisi tinggi".

Selain itu, para peneliti menunjukkan bahwa budidaya sukun mungkin menyebar ke daerah baru, seperti Afrika sub-Sahara, di mana belum banyak dibudidayakan.

Menurut penelitian, sukun tidak berpotensi menjadi invasif (ancaman spesies pendatang) ketika diperkenalkan karena sebagian besar varian tidak berbiji.

Apakah Sukun Bisa Menggantikan Fungsi Beras
buah sukun dengan sejuta manfaat
Menurut salah satu penulis studi dan ilmuwan Bumi dan planet Daniel Horton dari Northwestern University, "Suku adalah tanaman yang diabaikan dan manusia kurang memanfaatkan yang kebetulan relatif tangguh dalam perkiraan perubahan iklim kita."

"Ini adalah berita yang luar biasa karena sejumlah hal penting lain yang kami andalkan tidak sekuat itu... Sukun harus diperhitungkan saat menerapkan langkah-langkah adaptasi perubahan iklim untuk ketahanan pangan.

Meskipun buah, seperti namanya, sukun sering digunakan dalam masakan gurih; bahkan, karena teksturnya yang bertepung, ia dijuluki "kentang pohon". Apakah sukun hanya bisa menggantikan fungsi beras? Tentu tidak, karena dapat digoreng seperti gorengan lainnya.

Apakah Sukun Bisa Menggantikan Fungsi Beras
Daniel E. Horton, Peneliti Perubahan Iklim di Northwestern University

Sukun Berasal dari Mana?

Menurut para ilmuwan, sukun berasal dari New Guinea dan kemudian menyebar ke seluruh Oceania sebagai hasil penjelajahan dari pulau ke pulau.

Menurut Institut Sukun National Tropical Botanical Garden (NTBG), ketika orang Eropa pertama kali menemukan sukun di akhir tahun 1500-an.

“mereka kagum dan senang dengan pohon yang menghasilkan buah yang subur dan bertepung yang, ketika dipanggang dalam api, menyerupai roti yang baru dipanggang. dalam tekstur dan aroma.”

Menurut NTBG, pohon sukun di Kepulauan Pasifik memberikan keteduhan bagi penduduk setempat dan satwa liar, kayu untuk kano, tempat tinggal, dan perabotan, dan lateks untuk lem dan dempul.

Sukun telah digunakan secara luas dalam pengobatan konvensional untuk mengobati kondisi mulai dari diare hingga masalah kulit. Dapat dikeringkan dan dihancurkan menjadi tepung selain digunakan dalam berbagai macam resep kuliner segar.

Sukun tidak hanya mudah beradaptasi tetapi juga dikemas dengan vitamin dan mineral seperti tiamin, niasin, kalium, magnesium, dan fosfor. Karena itu, apakah sukun hanya bisa menggantikan fungsi beras? Tentu tidak, melihat begitu banyak kandungan vitamin dan mineralnya.

Selain itu, dibandingkan dengan tanaman semusim, sukun membutuhkan lebih sedikit pekerjaan, air, dan pupuk karena merupakan tanaman tahunan. Selain itu, ia menyerap karbon dioksida seperti pohon.

Apakah Sukun Bisa Menggantikan Fungsi Beras
Sukun, terkenal dengan julukan "kentang Pohon"

Apakah Sukun Bisa Menggantikan Fungsi Beras? (Menurut Institut Sukun NTBG)

Para peneliti berkata, bahwa sukun memiliki sejumlah keunggulan yang menjadikannya pilihan yang kuat untuk mengatasi kerawanan pangan, yang diperkirakan akan memburuk seiring dengan populasi dunia yang membengkak menjadi sekitar 10 miliar orang pada tahun 2050.

PBB mengatakan, bahwa antara 720 dan 811 juta orang di seluruh dunia mengalami kelaparan pada tahun 2020, dengan banyak dari mereka berada di benua seperti Afrika, Asia, Amerika Latin, dan Karibia yang berpotensi menghasilkan lebih banyak sukun.

Menurut Diane Ragone, pendiri Institut Sukun,"Sejujurnya saya pikir itu memiliki banyak janji untuk membantu orang, terutama di daerah tropis, di mana 80 persen penduduk dunia yang kelaparan tinggal.

"Ini jauh lebih sederhana untuk dikembangkan daripada barang-barang seperti beras dan jagung dan membutuhkan lebih sedikit tenaga kerja dan input. Selain itu, dibandingkan dengan tanaman lapangan, keuntungan lingkungan sangat besar karena itu adalah pohon."

Terlepas dari semua manfaatnya, sukun bukanlah obat mujarab. “Tidak ada tanaman yang merupakan peluru perak dalam hal ketahanan pangan dan kelaparan,” Valerie Tuia, mantan ilmuwan tanaman untuk Pusat Tanaman dan Pohon Pasifik di Fiji, mengatakan kepada Liza Gross dari NPR pada tahun 2016.

Namun, para ilmuwan berpikir bahwa sukun memiliki peluang tinggi untuk mengurangi kelaparan, bahkan ketika iklim terus berubah, ketika digunakan bersama dengan strategi ketahanan pangan lainnya.

Apakah Sukun Bisa Menggantikan Fungsi Beras
National Tropical Botanical Garden yang terletak di Hawaii
Lalu, apakah hanya sukun yang bisa menggantikan fungsi beras? Menurut Nyree Zerega, seorang Ahli Biologi tanaman di Northwestern dan Chicago Botanic Garden, ia menjelasakan bahwa ada ribuan tanaman pangan potensial di antara sekitar 400.000 spesies tanaman.

"Manusia sangat bergantung pada beberapa tanaman untuk menyediakan sebagian besar makanan kita, tetapi ada ribuan dari mereka yang bisa menjadi tanaman pangan," katanya.

"Perubahan iklim menyoroti perlunya diversifikasi pertanian sehingga dunia tidak bergantung pada sejumlah kecil spesies tanaman untuk memberi makan populasi besar." Imbuhnya.

Sumber: smithsonianmag/Sarah Kuta

Posting Komentar

Posting Komentar