kwvwCjc9JlPxMerN0XtrFqINgoPtZhLVJN2mDQFb
© suguhanku. All rights reserved. Developed by Jago Desain

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back

Labels

Bookmark

Kadapet Watara, Kue Manis Kuliner Sumba NTT

Kadapet Watara

Kadapet watara, apa yang ada di benak kalian? Iya, pasti sebuah kue manis khas Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Mengenal Kota Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT)

Bagi traveller, Sumba merupakan suatu kota yang tak asing. Keindahan alamnya berhasil menarik mereka hingga selalu membuat penasaran. Selalu yang ada di pikiran traveller, hidden gem surgawi apa yang akan dieksplor.

Ini sangat masuk akal, karena keindahan alam Sumba tak kalah dengan Bali. Menariknya, Kota Sumba masih sedikit wisatawan sehingga mereka akan sangat-sangat dimanjakan dengan tenangnya Kota Sumba.

Di kota Sumba, ada berbagai keindahan alam yang dapat dikunjungi. Dari bukit luas dengan sunrise indah antara lain bukit Wairinding, bukit Tenau, bukit Tanarara, bukit Mondu, bukit Lendongara dan lainnya.

Lanjut, Kadapet watara.

Lalu ada sejumlah pantai yang airnya super bening dengan pasir putih yang bersih, yaitu pantai Walakiri, pantai Tarimbang, pantai Mandorak, pantai Mananga Aba, pantai Watu Parunu dan banyak lagi.

Kadapet Watara
Bukit Wairinding salah satu destinasi Pulau NTT
Untuk air terjunnya, ada air terjun Lapopu, air terjun Tanggedu, air terjun Waimarang, air terjun Lokomboro, air terjun Matayangu, air terjun Pabeti Lakera dan lainnya. Seluruh air terjun tersebut masih sangat jernih dan bersih.

kemudian, sejumlah danau yang tak kalah menarik yaitu danau Weekuri Lagoon, dan area persawahan Waikelo Sawah Sumba yang mana terdapat air terjun di dalam sawah area tersebut.

Mengenai warisan budayanya, tentu masih terjaga sampai saat ini. Seperti peninggalan megalitikum sebagai peninggalan zaman batu, rumah adat bernama Uma Bokulu dan Uma Batangu yang berarti rumah menara.

Lalu, warisan makanan tradisionalnya ada Ka’pu Pantunnu, Kadapet Watara, Sup Ayam Waingapu, Kaparak, Rumpu Rampe, Jawada, Bokosawu Nyale, Jagung Cetemak, Jagung Titi dan lainnya.


Pada artikel ini, team suguhanku akan menjelaskan Kadapet Watara sedetail mungkin dengan yang diterima. Berikut penjelasan, resep dan informasi tentang kue ini.

Kadapet Watara itu apa?

Kadapet Watara adalah salah satu kuliner tradisional kabupaten Sumba Barat. Kudapan ini berjenis kue kering yang terbuat dari jagung, pisang dan kacang tanah. 

Sekilas, Kadapet Watara seperti wajik kelapa daun jagung, Bedanya, wajik kelapa daun jagung terbuat dari beras ketan putih, gula merah dan kelapa.

Awalnya, Kue ini hanya makanan rumahan dan acara-acara perayaan masyarakat Sumba. Namun, sejak Sumba mulai terkenal, kue ini berkembang menjadi oleh-oleh kuliner.

Hal ini karena rasanya yang legit dan gurih membuatnya sangat cocok bagi pecinta kue manis. Oleh itu, bagi traveller tidak lengkap bila pulang tidak membawa oleh-oleh kue manis ini.

Kadapet Watara
Kacang sebagai salah satu bahan dasar kue manis ini

Cara Membuat Kadapet Watara

Teknik pembuatan Kadapet Watara cukup mudah. Yaitu dengan mencampurkan tiga bahan dasar sampai merata. Lalu, setelah menjadi adonan, campurkan gula untuk menambah rasa manis.

Kemudian, bentuklah adonan yang telah jadi tersebut dan bungkuslah dengan daun jagung secara rapi. Hal ini agar lebih ringkas ketika kamu bawa.

Cara membuat kadapet watara ternyata telah ada sejak zaman dahulu, dan terus diwariskan kepada setiap generasi secara turun temurun hingga saat ini.

Walaupun cara membuat kue ini terkesan simple, ternyata teknik pembuatan kue ini begitu unik. Sehingga banyak wisatawan yang ikut serta mencoba membuat kue ini secara langsung.

Oleh itu, jika kamu pergi wisata ke Sumba jangan lupa mencoba makanan tradisional yang satu ini ya. Agar kamu merasakan sensasinya menjadi warga Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

 

Posting Komentar

Posting Komentar