kwvwCjc9JlPxMerN0XtrFqINgoPtZhLVJN2mDQFb
© suguhanku. All rights reserved. Developed by Jago Desain

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back

Labels

Bookmark

Sejarah Kimchi Jjigae, Makanan Tradisional Korea

Dalam sejarah, Kimchi Jjigae berasal dari hidangan tradisional Korea yang disebut Kimchi yang telah ada sejak zaman sebelum dinasti Joseon. Lalu, seiring perkembangan waktu, varian kimchi menjadi standar de facto, dan dari sanalah Kimchi Jjigae muncul.

Sejarah Kimchi Jjigae
Kimchi Jjigae

Bagaimana Sejarah Kimchi Jjigae?

Bagi orang-orang Korea, kimchi jjigae diyakini berawal mula dari era pertengahan Joseon. Yaitu pada saat Perang Imjin pada tahun 1592 sampai 1598, ketika Jepang menginvasi Korea membawa cabai pedagang Portugis.

Adapun pendapat lain, bahwa cabai telah dibudidayakan oleh orang-orang Korea selama 1.500 tahun melalui burung yang membawa biji-bijiannya. Pendapat lain juga mengatakan, cabai di Korea berasal dari Cina yang dibawa oleh pedagang India dan Arab yang menjual biji benih di sepanjang Jalur Sutra.

Adapun menurut salah satu orang Korean, Ji Young Kim, en.vo1ss.com menceritakan sejarah tentang Kimchi Jjigae melalui cerita yang dia dapatkan dari neneknya. Neneknya berkata bahwa Kimchi Jjigae adalah hidangan yang ditemukan pada akhir abad 20.

Sejarah Kimchi Jjigae
Kimchi Jjigae

Dalam sejarah, Kimchi adalah makanan tradisional Korea yang terbuat dari sayuran seperti kubis napa, direndam dengan bawang putih, gochujang (saus cabe), jeotgal (saus ikan), dan tepung beras. Lalu, seluruhnya diawetkan sampai sausnya meresap ke sayur mayurnya.

Saat ini, Kimchi Jjigae telah dimodifikasi dan mendapat standarisasi sehingga di dalamnya terdapat berbagai daging. Bisa daging sapi, tuna kaleng, sauri, atau daging babi. Adapun bila tidak ditambah dengan daging, maka Kimchi Jjigae bisa menjadi makanan pendamping (side dish).

Baca juga: Sejarah Hungarian Goulash Soup, Hidangan Pengembara

Bagaimana Caranya Membuat Kimchi Jjigae?

Ada 2 langkah dalam membuat Kimchi Jjigae. Pertama, membuat Kimchi yang difermentasi selama 2 hari. Adapun caranya dapat klik tautan ini Cara Membuat Kimchi. Kedua, membuat Kimchi Jjigae dengan mengolah Kimchi yang telah jadi dengan daging dan bumbu-bumbu lainnya. Berikut bahan dan cara membuat Kimchi Jjigae.

Bahan-Bahan

  • 2 cangkir penuh kimchi yang telah difermentasi
  • ½ cangkir air dari kimchi jika tersedia
  • ½ kilo daging (sesuai selera anda)
  • 6 ons tahu
  • 2 daun bawang
  • 1 sendok teh bawang putih cincang
  • 1-3 sendok teh bubuk cabai merah (sesuai selera anda)
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • garam, kecap atau kecap asin dan merica (sesuai selera anda)
Sejarah Kimchi Jjigae
Kimchi Jjigae

Cara Membuat

  1. Potong kimchi yang telah difermentasi seukuran gigitan atau sesuai selera.
  2. Potong daging seperti bentuk dadu, dengan ukuran 2 cm.
  3. Siapkan panci dan masukkan 1 sendok makan. Tambahkan kimchi, daging, bawang putih, dan bubuk cabe merah. Lalu panaskan dengan api sedang sampai kimchi melunak dan daging matang, bisa jadi 5 sampai 7 menit.
  4. Tambahkan air kimchi sekitar 2 sampai 2.5 gelas (bisa diganti kaldu lain). Didihkan dan aduk dengan api besar selama 5 menit. Jika sudah, kecilkan lagi api menjadi sedang.
  5. Masukkan tahu dan daun bawang, tambahkan juga kecap atau kecap ikan, merica. Jika kaldu menggunakan air kimchi, maka garam tidak diperlukan karena sudah asin. Adapun jika bumbu lainnya bukan air kimchi/dengan bumbu lain yang ringan, dapat ditambahkan garam.
  6. Rebus sampai tahu matang, siapkan mangkuk besar sebagai wadah.

Kimchi Jjigae pun telah siap disuguhkan.

Posting Komentar

Posting Komentar