kwvwCjc9JlPxMerN0XtrFqINgoPtZhLVJN2mDQFb
© suguhanku. All rights reserved. Developed by Jago Desain

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back

Labels

Bookmark

Rawon Berasal Dari Kota Mana? Sejarah Black Soup

Rawon Berasal Dari Kota Mana

Rawon Berasal Dari Kota: Rawon adalah hidangan yang terkenal dengan kuah hitamnya. Soup yang mirip dengan rawon yang berasal dari kota yang berbeda telah ada, yang pastinya dengan nama dan bahan yang berbeda.

Di Betawi ada hidangan serupa, hanya saja menggunakan ikan dan kuah pucung. ada Pallu Kalua yang berasal dari kota Makassar. Dan di Pekalongan, disebut dengan garang asem.

Dengan demikian, rawon berasal dari kota apa? Apakah sejarah mengatakan bahwa rawon berasal dari salah satu kota di atas? Berikut penjelasannya.

Rawon Berasal Dari Kota Mana? Asal Usul Rawon

Tidak tanggung-tanggung, rawon merupakan resep warisan lulur. Tepatnya pada masa Kerajaan Majapahit. Bahkan tertulis pada Prasasti Taji (901 M), yang telah ditemukan sejak 1868 di Ponorogo.

Sejarah tersebut dijelaskan oleh Dwi Kristiastuti kepada Jawa Pos pada Desember lalu. Ia sendiri adalah dosen Tata Boga Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sekaligus Pakar Kuliner Nusantara.

Ia menjelaskan, pada prasasti tersebut ada tulisan yang merujuk pada suguhan yang bernama rerawwan. Dengan deskripsi suguhan yang berkuah hitam.

Rawon Berasal Dari Kota Mana

Bahan pada suguhan tersebut berasal dari aneka rempah dan pastinya ada kluwek. Ia menambahkan, bahwa mungkin dahulu masih menggunakan daging hasil buruan.

Prasasti tersebut menjadi saksi kemunculan rawon. Hal ini diperkuat bahwa setiap daerah memiliki suguhan khas karena menyesuaikan dengan lingkungan dan sumber daya sekitar.

Sehingga suguhan tersebut berkembang mengikuti budaya dan karakter setiap daerah, dan rasa rawon dari masing-masing kota sedikit berbeda, walaupun tetap sama-sama manis.

Seiring waktu, resep rawon diabadikan dalam buku resep milik Kerajaan Mangkunegara, yang bernama Serat Wulangan Olah-olah Warna-warni.

Apakah Rawon Berasal dari Kota Surabaya?

Tidak hanya Surabaya, rawon berasal dari kota-kota di Jawa Timur. Saat ini rawon dapat dinikmati oleh setiap orang. Pasalnya, dahulu hanya kaum bangsawan yang dapat menikmati suguhan ini.

Pada umumnya, teknik memasak rawon sama walaupun memiliki ciri khas yang berbeda. Terdapat sejumlah rumah makan spesialis rawon yang terkenal selama puluhan tahun di kota-kota Jawa Timur. Berikut beberapa rumah makan tersebut.

1. Rawon Kalkulator

Disebut dengan kalkulator karena penjual yang unik, rawon kalkulator berasal dari Kota Surabaya. Pasalnya, ketika pembeli membayar, penjual menghitung totalan dengan sangat cepat dan akurat tanpa menggunakan kalkulator.

Jika kamu tertarik, Rawon Kalkulator terletak di Taman Bungkul Surabaya. Warung tersebut bernama Warung Sedap Malam Rawon Kalkulator.

Terlepas dengan namanya, masyarakat berlangganan rawon kalkulator karena citra rasa dagingnya yang empuk dan kuahnya yang sangat gurih.

Warung Rawon Kalkulator buka mulai pukul 11.00 sampai 15.00.

Berikut alamat Rawon Kalkulator di Google Maps:


2. Rawon Setan

Rawon Berasal Dari Kota Mana
Rawon Setan

Berasal dan Terletak di Kota Surabaya, tepatnya di Jalan Embong Malang No. 78/I, Kecamatan Genteng, Surabaya, rawon setan patut kamu coba.

Rumah makan ini terkenal dengan ciri khas daging yang empuk dan potongannya yang besar. Dilengkapi dengan tauge, telur asin, tempe goreng, kerupuk dan sambal yang khas.

Awalnya, Kedai telah buka sejak 1953 dengan penjual bernama Mbah Musiati. Kedainya ini telah buka pukul 02.00 malam. Tengah malam buka karena melayani pekerja malam.

Seiring waktu, kedainya semakin ramai sehingga tahun 2004 kedai menjadi lebih besar. Namun, ia memutuskan berhenti berjualan karena kesehatannya menurun.

Akhirnya, kedai tersebut dilanjutkan oleh menantu dan cucunya, dan buka lebih awal yaitu pukul 23.00 malam.

Berikut alamat Rawon Setan di Google Maps:

3. Rawon Nguling

Rawon Berasal Dari Kota Mana
Rawon Nguling. Pic: disporaparbud.probolinggokab.go.id

Jika kamu pergi ke Jawa Timur, jangan lupa mampir ke Rawon Nguling. Rumah makan rawon nguling terletak di sebelah pinggir utara jalan raya Pantura Pasuruan-Probolonggo.

Yaitu terletak di sebelah timur jembatan perbatasan Kabupaten Pasuruan-Probolinggo. Rumah makan ini telah berdiri sejak sekitar tahun 1950 an. Berasal dari Jawa Timur, telah membuka belasan cabang rumah makan rawon di kota kota besar.

Alasan pelancong mampir ke rumah makan ini karena resep dan bumbu masakannya yang istimewa, yaitu dilengkapi dengan daging empal yang empuk.

Tak heran, banyak para pelancong yang merasa kurang jika tidak mampir ke rumah makan ini. Beberapa orang mengaku, rasa rawon ini bikin nagih dan memiliki ciri khas.

Berikut alamat Rawon Nguling di Google Maps:



Demikianlah informasi seputar pertanyaan Rawon Berasal Dari Kota Mana. Adapun jika anda sedang melintasi kota Jawa Timur, jangan lupa mampir di salah satu rumah makan tersebut. Terima kasih telah membaca!!
2 komentar

2 komentar

  • Sofyan Hamami
    Sofyan Hamami
    30 Agustus 2022 pukul 19.11
    Kalo kluwek sendiri itu apa ya bang?
    • Sofyan Hamami
      Muhammad Fiqih
      1 September 2022 pukul 16.51
      Kluwek pada suguhan Indonesia ini merupakan bumbu yang paling dasar dan harus ada bro. Karena black pada rawon ini berasal dari kluwek
    Reply