kwvwCjc9JlPxMerN0XtrFqINgoPtZhLVJN2mDQFb
© suguhanku. All rights reserved. Developed by Jago Desain

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back

Labels

Bookmark

Mengapa Rendang Dapat Terkenal di Dunia?

Mengapa Rendang Dapat Terkenal di Dunia?: Hidangan khas Minangkabau ini telah menjadi salah satu hidangan yang dapat terkenal di dunia. Seperti manusia, rendang mendapat gelar di berbagai dunia. Hingga chef dunia rela mendatangi langsung dimana kota rendang berada.

Lalu mengapa rendang dapat terkenal di dunia? Tentu yang menjadi alasan utama mengapa rendang dapat terkenal di dunia adalah karena rendang kaya akan rasa yang berasal dari berbagai rempah-rempah yang menghasilkan rasa asin, manis, pedas dan gurih.

Selain itu, ada tiga alasan mengapa rendang dapat terkenal di dunia atau internasional. Yaitu menyangkut sejarahnya dan penyebarannya, makna filosofi, dan penghargaan atau penobatan yang didapatkan. Berikut penjelasan ketiga alasan tersebut.

Mengapa Rendang Dapat Terkenal di Dunia

Mengapa Rendang Dapat Terkenal di Dunia? (Alasan Pertama)

Sejarah dan Penyebaran Rendang

Alasan pertama mengapa rendang dapat terkenal di dunia adalah sejarah dan penyebaran rendang yang amat sangat kental akan berbagai budaya dunia yang teralkulturasi.

Awalnya, sejarah Rendang dimulai ketika pedagang India dan Pakistan datang ke Minangkabau untuk mencari rempah-rempah. Peristiwa ini terjadi pada rentan tahun 1771-1779 M. Waktu itu, mereka mengenalkan masakan berkuah kari kepada masyarakat lokal. 

Selanjutnya, dengan resep yang dibagikan oleh pedagang India, penduduk Minangkabau mengadaptasi menjadi rendang yang seperti kita kenal. Tentunya, kari India berbeda dengan rendang Minangkabau, yang berkuah dan berwarna mencolok. (www.sciencedirect.com)

Dalam hal ini, selain rendang, makanan sejenis rendang seperti kari juga terkenal di dunia. Sehingga makanan yang sama jenisnya (berkuah) telah terkenal di dunia tak terkecuali rendang.

Lalu dinamakan rendang, karena berasal dari bahasa Minang yaitu randang, yang merujuk kata marandang yang artinya teknik mengolah makanan dalam waktu yang lama sehingga hasil masakan menjadi kering.

Mengapa Rendang Dapat Terkenal di Dunia

Ahli Antropologi Universitas Andalas, Yevita Nurti menjelaskan kepada kompas.com, bahwa terjadinya akulturasi melalui perkawinan, yaitu resep yang menyebar yang dimodifikasi oleh orang-orang Minangkabau. Dan rendang adalah salah satu dari modifikasi tersebut.

Sehingga sering ditemukan beberapa hidangan yang menggunakan bahan bumbu yang sama dengan rendang, seperti hidangan kari yang berasal dari India.

Sejarawan Universitas Andalas, Prof. Dr. Gusti Asnan menduga, bahwa rendang telah menjadi makanan yang tersebar di seluruh pelosok dunia. Hal ini terjadi, karena budaya masyarakat Minangkabau yang suka merantau. (id.wikipedia.org)

Perantauan mereka dimulai dengan berlayar ke Malaka untuk berdagang pada abad ke-16 M. beliau menjelaskan, karena perjalanan melewati sungai yang memakan waktu yang sangat lama, rendang adalah pilihan untuk dijadikan bekal karena tahan lama.

Karena rendang merupakan hidangan yang awet sehingga dapat disimpan selama berbulan-bulan tanpa terjadi basi. Karena itu, sebelum terkenal di dunia, rendang telah menjadi makanan wajib bagi pelancong.

Mengapa Rendang Dapat Terkenal di Dunia

Mengapa Rendang Dapat Terkenal di Dunia? (Alasan Kedua)

Makna Filosofi Rendang

Selain kelezatannya, kunci di balik mengapa rendang dapat terkenal di dunia adalah cara memasak rendang juga memiliki makna filosofi bagi masyarakat Minangkabau.

Hal ini terjadi melalui akulturasi budaya, adat dan agama yang akhirnya menghasilkan sebuah karya. Seperti yang kita ketahui, terkadang sesuatu yang sarat akan nilai-nilai filosofi adalah sesuatu yang sangat berharga.

Secara simbolik, bahan dasar rendang memiliki nilai-nilai tersendiri. Yaitu “dagiang” (daging sapi) melambangkan “niniak mamak” berarti para pemimpin suku adat, karambia (kelapa) melambangkan “cadiak pandai” (kaum intelektual).

Selanjutnya, lado (cabai) melambangkan “alim ilama” (tegas mengajarkan syariat agama) dan “pemasak” (bumbu) melambangkan seluruh masyarakat Minagkabau. (id.wikipedia.org)

Secara adat Minangkabau, rendang merupakan suguhan yang wajib disajikan dalam setiap perayaan hari-hari besar. Perayaan tersebut seperti uapacara adat minangkabau, kenduri (selamatan) dan menyambut tamu kehormatan.

Sementara pada tradisi tetangga, di Melayu (Lampung, Riau, Jambi, Bengkulu, Palembang, Medan dan Semenanjung Malaya), rendang menjadi suguhan istimewa yang menemani berbagai acara perayaan.

Seperti hari perayaan agama (seperti idul fitri dan idul adha), pernikahan, khitanan, barzanji dan ulang tahun. Dari sini, rendang telah terkenal di Minangkabau sebelum terkenal di dunia atau tingkat internasional.

Mengapa Rendang Dapat Terkenal di Dunia
Upacara Adat Minagkabau. Pic: wikipedia.org

Selain itu, rendang juga merupakan menjadi bahan utama bantuan kemanusiaan yang dikirimkan oleh Pemerintah Provinsi Kota Sumatra Barat.

Hal ini pertama kali dilakukan pada saat terjadi gempa bumi di Pidie Jaya pada tahun 2016 dan gempa bumi di Lombok pada tahun 2018.

Mengapa Rendang Dapat Terkenal di Dunia? (Alasan Ketiga)

Penobatan Rendang Sebagai Makanan Terenak di Dunia

Saat ini, hampir di setiap kota Indonesia telah ada Rumah Makan Indonesia. Bahkan di kota-kota besar telah ada di setiap kecamatan. Hal ini terjadi karena kebiasaan orang-orang Minangkabau yang suka merantau.

Saat merantau, orang Minangkabau selain untuk bekerja atau berdagang, mereka juga membuka Rumah Makan Padang di seluruh Indonesia, bahkan ke manca negara seperti Eropa dan Amerika. Dari sinilah mengapa rendang dapat terkenal di dunia terkuak.

Di sisi lain, penduduk non Minangkabau juga turut meramaikan keistimewaan bisnis kuliner ini, yaitu dengan membuka rumah makan yang sama dengan resep ori maupun telah dimodifikasi kembali.

Karena Rumah Makan Padang telah tersebar luas, tanpa disadari rumah makan tersebut memperkenalkan rendang di seluruh dunia. Terlebih, daging rendang yang sangat lezat dan dapat diterima oleh berbagai kalangan membuat rendang semakin terkenal.

Mengapa Rendang Dapat Terkenal di Dunia

Oleh karena itu, Rendang dinobatkan sebagai hidangan yang berada pada peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia), versi CNN international pada tahun 2011. (id.wikipedia.org)

Selain itu, rendang mendapatkan nominasi hidangan paling enak di dunia berdasarkan Reader’s Choice. Dengan jumlah 35.000 voter melalui survey yang dilakukan oleh Cables News Network pada tahun 2001 dan 2017. Vote ini mengalahkan Sushi dan Tom Yang Goong dari Thailand.

Rendang juga menjadi salah satu makanan terenak di dunia menurut UNESCO, CNN, On The Spot pada tahun 2019/2020.

Dengan berbagai penobatan tersebut, hal yang mengejutkan terjadi ketika rendang mampu mengundang ketertarikan seorang Chef Selebritis terkenal dunia, yaitu Gordon Ramsay. Ketenaran rendang membuat ia terbang ke Sumatra demi memuaskan keingintahuannya tentang rendang. (sciencedirect.com)

Demikianlah pembahasan dan kesimpulan tiga alasan lain mengenai mengapa rendang dapat terkenal di dunia, selain rasanya yang sangat kaya akan rempah-rempah.

Jika anda suka rendang, bagaimana cara anda menikmatinya? Tulis di kolom komentar ya, terima kasih telah membaca!!

Posting Komentar

Posting Komentar