kwvwCjc9JlPxMerN0XtrFqINgoPtZhLVJN2mDQFb
© suguhanku. All rights reserved. Developed by Jago Desain

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back

Labels

Bookmark

Rebok Manggarai Makanan Khas Nusa Tenggara Timur

Rebok adalah makanan makanan khas tradisional Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Makanan ini sangat berharga bagi masyarakat Manggarai karena pengolahannya yang memakan waktu lama. Lalu, seperti apa Rebok Makanan Khas Manggarai?

Rebok Manggarai

Kabupaten Manggarai

Kabupaten Manggarai adalah salah satu kabupaten yang terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Di dalamnya, terdapat deretan destinasi wisata alam yang menjadi surga tersembunyi di Indonesia bagian timur.

Yaitu Danau Lotus, Rumah Adat Wae Rebo, Kampung Adat Todo, Wisata Pulau Rinca, Wisata Pulau Kelor, Wisata Liang Bua, Pulau Mules, Air Terjun Cunca Rami, Danau Rana Mese, Golo Lantar,  Kanawa Island.

Selain keindahan alam yang telah disebutkan, juga terdapat wisata lainnya seperti Sawah Lodok yang berbentuk melingkar rapi, pemandangan Kota Ruteng yang indah jika dilihat dari bukit, dan Bukit Silvia dengan pemandangan indah pantai.

Rebok Manggarai
Masyarakat Manggarai lengkap dengan pakaian adat
Begitu pula dengan makanan khas, Kabupaten Manggarai memiliki makanan khas antara lain Se'I, Jagung Catemak, Rumpu Rampe, Jagung Bose, Jagung Titi, Kue Rambut, Kolo, Manggulu, Muku Loto, Ohu Ai Pungan, Muku Loto, dan Rebok.

Rebok adalah makanan kebanggaan warga Manggarai. Makanan ini menjadi suguhan pada acara adat atau sebagai makanan untuk menyambut tamu yang sedang berkunjung di rumah-rumah warga Manggarai.

Karena itu, kali ini suguhanku telah merangkum informasi mengenai rebok makanan khas Manggarai.

Rebok Manggarai Itu Makanan Apa?

Rebok adalah makanan yang terbuat dari tepung jagung, beras dan parutan kelapa. Bagi masyarakat Manggrai, rebok merupakan makanan yang memiliki nilai tinggi, karena pembuatannya yang sangat lama.

Karena itu, bagi seseorang yang mampu membuat rebok akan sangat diapresiasi. Selain itu, membuat rebok juga mampu mempererat tali kekeluargaan karena mereka faham bagaimana letihnya membuat rebok.

Apalagi pada zaman dahulu, nenek moyang mereka Ketika membuat rebok dengan cara manual. Dimana pada waktu itu jagung dan beras diolah dalam waktu sangat lama, sehingga menjadi rebok yang sangat halus.

Dengan cara tradisional tersebut, masyarakat Tanah Congka Sae atau Manggarai menghargai setiap orang yang membuat rebok. Cara membuat rebok menggunakan alat yang masyarakat Manggarai sebut dengan Alu Agu Ngencung.

Rebok Manggarai

Bahan yang Digunakan Untuk Membuat Rebok

Pada dasarnya pembuatan rebok manggarai saat ini menggunakan tepung jagung dan beras. Selanjutnya, biasanya terdapat bahan-bahan lainnya seperti telur, vanili, gula, dan bahan-bahan manis lainnya.

Adapun mengapa menggunakan bahan dasar jagung dan beras, karena kabupaten Manggarai terletak di daerah pegunungan yang menjadikan tanah di daerah tersebut sangat subur.

Dan masyarakat Manggarai memiliki kebiasaan menanam tanaman pertanian daerah pegunungan seperti padi, jagung, kopi, cengkeh dan lain sebagainya. Tanah yang mereka tanam antara lain adalah tanah Nuca Lela.

Cara Membuat Rebok Manggarai

Ada dua cara dan dua bahan dasar dalam membuat rebok manggarai. Yaitu bahan-bahan tradisional dan bahan-bahan campuran lainnya.

Pertama, yaitu dengan menggunakan jagung yang telah matang. Lalu, kita ambil bijinya dan jemur di bawah sinar matahari. Kemudian, jagung ditumbuk dengan alat tumbuk yang oleh masyarakat Manggarai menyebutnya Alu Agu Ngencung.

Setelah ditumbuk, jagung disaring dengan menggunakan penyaring atau yang disebut dengan pengayah. Kemudian, tambahkan gula merah agar mendapat rasa manisnya. Warga Manggarai menggunakan gula merah karena hasil kreatifitas mereka.

Sedangkan gula merah ini sendiri, mereka dapatkan dari pohon Nau. Tambahkan gula merah sesuai dengan selera anda, dan temani dengan segelas kopi atau teh manis agar semakin nikmat.

Kedua, dengan menggunakan bahan dasar yang terdiri dari tepung beras, parutan kelapa, telur, gula dan vanili. Yaitu dengan siapkan wadah masukkan tepung beras, parutan kelapa, dan gula. Kemudian, aduk hingga rata.

Lalu, remas-remas adonan hingga menyatu/kalis. Kemudian siapkan wajan, masukkan adonan ke dalam wajan tanpa minyak, gorenglah adonan rebok manggarai tanpa minyak hingga warnanya kuning kecoklatan.

Tambahkan adonan dengan gula pasir sesuai selera, jangan lupa siapkan kopi atau the manis, dan duduklah di depan pemandangan hijau nan indah di pulau Manggarai. Jika anda berada di kota besar, nyalakan tv, bukalah channel pemandangan sebagai ganti.

Rebok manggarai pun telah siap disubuhkan dengan segelas kopi!!

Posting Komentar

Posting Komentar