kwvwCjc9JlPxMerN0XtrFqINgoPtZhLVJN2mDQFb
© suguhanku. All rights reserved. Developed by Jago Desain

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back

Labels

Bookmark

Jagung Bose NTT, Pengganti Fungsi Nasi Pulau Timor

Jagung Bose

Di NTT (Nusa Tenggara Timur), terdapat bermacam-macam makanan khas yang dapat ditemui. Jagung Bose adalah satu dari makanan khas NTT yang berbahan dasar jagung.

Dengan nama yang sederhana, ternyata jagung bose khas NTT adalah makanan berjenis bubur. Lantas seperti apa jagung bose NTT (Nusa Tenggara Timur)?

Pulau Timor

Pulau Timor adalah salah satu pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Di dalamnya, terdapat obyek wisata yang telah banyak dilihat para netizen.

Hal ini karena setiap wisatawan yang tak pernah terlewatkan untuk mengabadikan Pulau Timor dengan kamera mereka. Salah satunya adalah Hutan Bonsai yang telah hidup ratusan tahun.

Karena telah hidup selama ratusan tahun, lumut-lumut tumbuh di sekitar batang dan ranting Hutan Bonsai yang membuatnya berbeda dengan bonsai lainnya.

Selain itu, terdapat Fatumnasi yaitu lekukan perbukitan yang menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan bila wisatawan melihatnya dari ketinggian.

selain itu, ada pantai yang eksotis yaitu Pantai Oetune yang terkenal dengan gurun pinggir laut dan Pantai Kolbano yang memiliki kerikil kecil cantik berwarna-warni.

Adapun makanan khas Pulau Timor seperti jagung bose, jagung titi, sambal lu’at, daging se’I dan jagung katemak. Hampir rata-rata terbuat dari jagung.

Bahan dasar makanan khas pulau timor rata-rata adalah jagung. Hal ini karena tanah Pulau Timor sangat subur untuk penanaman jagung, salah satunya adalah jagung bose NTT.

Berikut suguhanku telah merangkum informasi mengenai sejarah, resep, cara pembuatan, dan apa itu jagung bose khas NTT selengkap mungkin yang team suguhanku dapatkan.

Jagung Bose
Pantai Tablolong, salah satu destinasi Pulau Timor. Pic: ticmpu

Jagung Bose NTT Itu Apa?

Jagung Bose adalah salah satu makanan khas NTT (Nusa Tenggara Timur) yang terbuat dari jagung dan kacang-kacangan. Dengan bahan dasar tersebut, jagung bose banyak mengandung karbohidrat.

Jagung bose sangat terkenal di daerah NTT. Saking terkenalnya, jagung bose menjadi salah satu komoditas yang telah menjadi makanan pokok warga NTT sehari-hari.

Karena itu, jagung bose dapat menggantikan fungsi beras ketika sarapan, makan siang ataupun makan malam. Umumnya, warga Pulau Timor makan jagung bose ketika menikmati buka puasa, karena telah menjadi tradisi.

Biasanya, mereka makan jagung bose lengkap dengan makanan tambahan lainnya, seperti sayur kangkung, labu kuning, sambal mentah dan ikan bakar maupun seafood. (Nuraini ketika diwawancarai kliktime)

Adapun jagung yang mereka gunakan untuk bahan dasar adalah jagung kuning. Karena, biasa jika menggunakan jagung putih rasanya akan lebih cenderung manis.

Kendati demikian, pada dasarnya tidak ada perbedaan yang terlalu terasa antara jagung kuning dan jagung putih ketika mereka memiliki seleranya masing-masing ketika menikmati hidangan jagung bose.

Bahan-Bahan & Cara Membuat Jagung Bose

Dalam sejarah, makanan pokok sehari-hari masyarakat NTT, khususnya di daerah Timor adalah jagung. Dalam tradisi rakyat Timor, jagung bose biasa dinikmati saat makan siang dan makan malam. Untuk sarapannya, mereka memakan ubi jalar.

Jagung bose khas NTT sendiri adalah bubur kental yang terbuat dari jagung (bisa kuning bisa putih). Kemudian, masyarakat menambahkan kacang tali/kacang beras (sebutan kacang merah di daerah Timor) dan santan.

Seperti bubur lainnya, jagung bose khas NTT memiliki tekstur yang lembut. Selain itu, santan juga berperan memberi rasa gurih. Jagung bose akan sangat cocok bila dimakan dalam keadaan perut lapar dan hidangan masih hangat.

Dalam proses pembuatannya, jagung bose memang cenderung menghabiskan waktu yang lama. Namun, pembuatan jagung bose sangat sederhana dan membutuhkan bahan yang mudah ditemukan.

Karena itu, jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah, anda dapat melakukannya dengan mudah dan mendapatkan bahannya di pasar tradisional terdekat dengan rumah anda.

Jagung Bose

Resep Jagung Bose

  • Air - 1 liter
  • jagung biasa, dipipil - 800 gr
  • labu manis, potong kotak kecil - 400 gr
  • santan dari 1 butir kelapa - 300 ml
  • kacang merah, rendam semalaman - 150 gr
  • garam - ½ sendok teh

Cara Membuat Jagung Bose NTT

  1. Siapkan panci, rebuslah air hingga mendidih. Lalu, masukkan kacang merah dan rebus hingga kacang merah menjadi empuk.
  2. Jika kacang merah telah menjadi empuk, selanjutnya masukkan labu manis dan jagung. Rebus hingga seluruh bahan-bahan tersebut empuk dan matang.
  3. kemudian, masukkan juga santan dan garam. Aduk hingga rata, biarkan hingga kuah menyusut.
  4. angkat dan sajikan dalam keadaan hangat.

Jagung Bose telah siap disuguhkan.

Jagung Bose Saat Ini dan Cara Mendapatkannya

Nusa Tenggara memang terkenal dengan daerah yang sangat cocok untuk bercocok tanam tanaman umbi-umbian dan jagung. Manfaatnya, jagung dan umbi-umbian tersebut juga berperan penting dalam diversifikasi pangan.

Jagung sendiri juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Jagung memiliki antioksidan yang dibutuhkan tubuh, untuk mencegah berbagai penyakit seperti penyakit kanker, alzheimer dan jantung.

Saat ini, walaupun jagung menjadi tradisi makanan pokok masyarakat Timor, untuk mendapatkan semangkuk jagung bose sukup susah. Saat ini jagung bose ditemukan ketika ada hari raya adat atau pesta rakyat.

Adapun jika anda sedang berkunjung di pulau Timor, Nusa Tenggara Timur, terdapat rumah makan yang menjual jagung bose yang cukup terkenal. Rumah makan tersebut adalah Dapur Nekamese.

Rumah makan tersebut terletak di Jl. Adi Sucipto No.89, Penfui, Kec. Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Berikut link alamatnya di google maps:

https://goo.gl/maps/J47uWRUXXTC6ZVmW6

Di sana, anda dapat menikmati jagung bose lengkap dengan menu khas NTT lainnya. Seperti sambal luat, se’I sapi, berbagai olahan seafood seperti kepiting, cumi dan bahkan ikan asap dengan varian rasa yang lengkap.

Selain itu, ada juga makanan khas cafe seperti umumnya. Seperti beef burger, chicken burger, spaghetti Bolognese, Carbonara dan Marinara. Untuk minumnya ada es lontar, milkshake, chocolate dan lainnya.

Demikian informasi mengenai jagung bose khas NTT. Jika anda sedang berkunjung di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur, jangan lupa untuk mencoba jagung bose ya.

Posting Komentar

Posting Komentar